WARTAPALA INDONESIA

Kata Millenial Tentang Hutan Indonesia

Caption foto: Suasana saat Online Talkshow berlangsung pada Jumat, 24 Mei 2019 (dokumentasi oleh: Youth In Sustainability/ Instagram @iamyouthleader). (WARTAPALA INDONESIA/ Roihan Afifurrofi)

Wartapalaindonesia.com, YOGYAKARTA – Indonesia adalah negara yang mempunyai hutan luas dan tersebar di setiap pulaunya. Tetapi pada saat ini masyarakat Indonesia belum tau apa itu fungsi hutan yang ada.

Kebanyakan masyarakat tau hutan itu hanyalah hamparan tumbuhan hijau yang banyak dan lebat. Tetapi kenyataannya dari banyak riset yang ada, hutan sangatlah berpengaruh bagi kelangsungan hidup manusia. Sebagai contohnya, hutan adalah produsen oksigen dan paru-paru dunia, sumber air bersih, sumber kebutuhan sehari-hari, dan lain-lain. Oleh sebab itu jika masyarakat masih banyak yang tidak peduli tentang hutan yang ada di sekitarnya, maka akan berakibat fatal bagi generasi selanjutnya.

Youth In Sustainability mengadakan acara Online Talkshow pada Jumat, 24 Mei 2019.  Acara dengan tema “Kata Millenial Tentang Hutan Indonesia” ini dilakukan di tiga kota, yaitu Jakarta, Yogyakarta dan Bandung.

Acara di Yogyakarta ini terlaksana di Matra Cafe, Condong Catur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Ellena (koordinator acara di Yogyakarta) mengatakan bahwa tujuan khusus dari acara tersebut adalah memperkenalkan kepada millenial, apa itu hutan dan bagaimana cara kita berpartisipasi untuk menjaga hutan Indonesia.

Pembicara dalam Online Talkshow tersebut diantaranya, Leony Aurora dari Co-Founder Hutan Itu Indonesia, dan Cheptia Amany dari Youth In Sustainability. Acara tersebut dihadiri oleh para Mahasiswa, Pemerhati, Komunitas, dan Organisasi Lingkungan yang berada di daerah Yogyakarta.

Youth In Sustainability (YIS) merupakan komunitas anak muda yang aktif menjadi leader dalam menyuarakan perubahan menuju gaya hidup yang ramah sosial dan ramah lingkungan. Gerakan yang dibuat YIS ini sasarannya lebih ke anak-anak muda Indonesia agar mengetahui betapa pentingnya hutan bagi kelangsungan hidup manusia.

Selain mengadakan Workshop, YIS juga sering mengadakan kegiatan-kegiatan ke sekolah-sekolah dan masyarakat untuk memberitahu pentingnya hutan dan bagimana cara berpartisipasi menyelamatkan hutan yang ada di sekitar kita. Banyak generasi sekarang yang tidak tau manfaat dan kegunaan hutan yang ada, maka dari itu YIS sebagi salah satu komunitas yang bergerak di bidang lingkungan hidup memberikan pengetahuan tetang hutan Indonesia. Tujuannya adalah membentuk generasi penerus yang peduli pada hutan dan lingkungan sekitarnya.

Info lebih lanjut bisa menghubungi penulis:

Roihan Afifurrofi (083869148660)

Email : afifurrofiroihan@gmail.com

Instagram : roihan.afifurrofi

Youtube : Roihan Afifurrofi Channel

Kontributor || Roihan Afifurrofi, WI 190034

Editor || N. S. Kusmaningsih, WI 160009

Kirim tulisan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: