WARTAPALA INDONESIA

Kelas Ekstra Pembinaan Pramuka Jogja (KePPo) #2 Gigitan Ular

Caption foto: Dokter Tri Maharani saat menyampaikan materi (foto oleh: Yayasan Sioux Ular Indonesia). (WARTAPALA INDONESIA/ Roihan Afifurrofi)

Wartapalaindonesia.com, YOGYAKARTA – Gigitan ular masih sering terdengar dan menjadi perhatian para penggiat alam bebas termasuk juga pramuka. Keberadaan ular di lingkungan pemukiman juga perlu diantisipasi dengan kesiapan penanganan gigitan yang baik dan benar. Karena tidak semua orang tau dan bisa menangani ketika bertemu dengan ular atau terkena gigitan ular. Maka dari itu sebelum bertemu dengan ular kita harus tau cara mengantisipasinya dengan benar, karena salah penanganan ketika terkena gigitan ular bisa berakibat fatal sampai dengan kematian.

Kelas Ekstra Pembinaan Pramuka Jogja (KePPo) #2 Gigitan Ular ini dikelola oleh Bidang Bina Muda Kwarda DIY dan DKD DIY  berkerjasama dengan Yayasan Sioux Ular Indonesia. Acara ini digelar pada Sabtu, 18 Mei 2019  di Aula Kwarda DIY, Bumi Perkemahan Babarsari, Sleman, Yogyakarta.

Terdapat dua pemateri dalam acara tersebut, yaitu DR. dr. Tri Maharani Msi, SpEM,  Dokter spesialis emergency yang fokus pada penanganan gigitan ular perwakilan WHO di Indonesia dan Aji Rachmat, ST ketua Yayasan Sioux Ular Indonesia. Dengan materi teknik penanganan gigitan ular, update WHO 2016 dan spesies ular berbisa di Jawa.

Antusias terhadap acara tersebut sangatlah besar. Terbukti ada kurang lebih 80 orang yang hadir dalam acara tersebut mulai dari Pramuka, Muscle Sioux, DKD DIY, Mongabay, dan Masyarakat Umum turut hadir mengikuti kegiatan tersebut.

Semoga dengan diadakannya acara tersebut bisa menambah wawasan tentang cara penanganan gigitan ular. Jaga terus ekosistem yang ada di lingkungan kita dengan cara tidak membunuhnya. Save Our Snake!

Info lebih lanjut bisa menghubungi narahubung berikut:

Nama : Roihan Afifurrofi

No.WA : 083869148660

Email : afifurrofiroihan@gmail.com

Instagram : roihan.afifurrofi

Youtube : Roihan Afifurrofi Channel

Kontributor || Roihan Afifurrofi, WI 190034

Editor || N. S. Kusmaningsih, WI 160009

Kirim tulisan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: