KMPA Eka Citra Gelar Basic Class Season II

Caption foto: KMPA Eka Citra saat menggelar kegiatan materi Pengenalan Dasar Organisasi (PDO) dan dilanjutkan pengaplikasian (WARTAPALA INDONESIA, Akmal Abdullah)

Wartapalaindonesia.com, JAKARTA – KMPA Eka Citra mengadakan kegiatan materi Pengenalan Dasar Organisasi (PDO) di Kampung Ulin, Bogor, Jawa Barat, pada 1 sampai 5 April 2021, dan dilanjutkan pengaplikasian materi PDO pada 10 ssampai 11 April 2021 lalu. Pengenalan Dasar Organisasi ini diikuti oleh 20 orang Anggota Muda dari angkatan 40. Angkatan yang terdiri dari 10 Laki-Laki dan 10 Perempuan.

Dalam perencanaan untuk Final Project, para anggota muda 40 mengusung kegiatan “Green Movement On Pandemic” yang bertema “Back To Nature”. Tema ini berdasarkan situasi pandemi seperti sekarang ini masyarakat butuh aktifitas yang dapat mempertahankan serta meningkatkan imun agar tidak mudah terserang virus.

Kegiatan ini termasuk dalam agenda kegiatan lanjutan Eka Citra Outdoor School Basic Class Season II –  Keorganisasian. Setelah melakukan final project, anggota muda dapat memanajemen perjalanannya sendiri, dari mulai kebutuhan administrasi sampai kebutuhan dana yang dikelola secara mandiri.

“Kegiatan ini bertujuan agar nantinya para anggota muda mampu memahami segala alur birokrasi, administrasi, maupun mekanisme organisasi manajemen di KMPA Eka Citra,” ucap Rasyad Shiddiq selaku Ketua Pelaksana, Kamis (29/04/2021).

Lanjutnya, materi yang diberikan dalam Eka Citra Outdoor School Basic Class Season II – Keorganisasian meliputi; Kewirausahaan dan Administrasi Organisasi pada Hari pertama, Dasar-dasar Organisasi serta Retorika dan Kepemimpinan. Hari kedua, Jurnalistik dan Dokumentasi Alam Bebas. Hari ketiga, Manajemen Perjalanan Kegiatan pada hari keempat, Kewirausahaan Mandiri pada hari kelima, dan Final Project di agenda terakhir.

Menurut Muhammad Rasyad Shiddiq, selaku Ketua Pelaksana Green Movement On Pandemic “Ide dalam kegiatan ini perlu diperluas dan ditingkatkan lagi, seperti peningkatan yang tadinya hanya menyebarkan bibit kepada masyarakat luas, menjadi penanaman bibit dan tunas bersama dengan kapasitas yang lebih besar dengan target dan sasaran yang tepat tentunya.” Ungkapnya.

Ditambahkan, Siti Khomardiah sebagai Badan Pengurus Harian KMPA Eka Citra turut menambahkan, “Smoga anggota muda dapat mengimplementasikan ilmu yang telah didapatkan, dimulai dari tertib berorganisasi, manajemen perjalanan dengan baik, membangun usaha mandiri, dan yang terpenting tetap menjaga kekompakan angkatan 40.” Katanya.

Kontributor || Akmal Abdullah, WI 200128
Editor || Soprian Ardianto, WI 200136

Kirim tulisan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: