Komunitas Pendaki Gunung Menanam Pohon di Saat Pandemi

Caption Foto :  KPG Regional Bogor dan Depok melakukan penanaman pohon di wilayah Puncak Bogor dan bantaran sungai Ciliwung. Kegiatan ini melibatkan masyarakat setempat. (WARTAPALA INDONESIA/ Ratdita Anggabumi T)

 

WartapalaIndonesia.com, Bogor – Dalam rangka Hari Menanam Pohon Indonesia, Komunitas Pendaki Gunung (KPG) Regional Bogor dan Depok telah melakukan penanaman pohon bersama warga Citeko, Bogor, Minggu (28/11/21)

Menurut data yang dihimpun, 327 Hektar daerah tangkapan air di Puncak ada di lokasi rawan longsor.

Puncak merupakan bagian dari sub DAS hulu Ciliwung dan daerah tangkapan air (DTA) sampai dengan luas kurang lebih 369 hektar.

Pada kesempatan itu, ketua pelaksana kegiatan, Hermawan mengatakan,“KPG mempunyai beberapa  program konservasi alam, salah satunya adalah melakukan penanaman dan perawatan pohon. Kami bekerja sama dengan masyarakat setempat”.

“Pada kegiatan ini kami melakukan penanaman di beberapa titik di Bogor dan Depok. Seperti di wilayah Puncak dan bantaran sungai Ciliwung,” lanjutnya.

Sedangkan Muhamad Afrizal Rinaldi selaku Ketua Regional Bogor menyampaikan,”Penghijauan di kawasan Puncak sangat penting, karena merupakan daerah penyangga bagi kawasan-kawasan di sekitarnya. Ini bagian dari bakti kami sebagai bagian dari keluarga besar pecinta alam”.

Sementara itu, Aulia Rahman selaku Ketua KPG Regional Depok, menyampaikan, “Kerjasama yang berkesinambungan antara masyarakat desa dengan komunitas maupun organisasi pecinta alam, serta lembaga pemerintah, sangatlah penting dalam pelestarian kawasan Puncak Bogor.”

Ruang Terbuka Hijau yang difungsikan di kawasan Puncak berada di tiga wilayah. yaitu Ciawi, Megamendung, dan Cisarua.

Luas wilayahnya mencapai 18.347,06 hektar. Di sini ada hutan konservasi, hutan lindung, hutan produksi, dan peruntukan perkebunan.

Kawasan Puncak khususnya di wilayah Ciawi, Megamendung, dan Cisarua, memang perlu dilakukan kembali pendataan, penataan, penertiban, pengendalian dan pengembalian fungsi tata ruang yang ditetapkan, sehingga Bogor sebagai penyangga wilayah sekitarnya akan berfungsi secara maksimal. (RA)


Kontributor || Ratdita Anggabumi T, WI, 190039
Editor || Ahyar Stone, WI 21021 AB

 

Kirim tulisan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: