WARTAPALA INDONESIA

Mapala Mitapasa Gelar Seminar Nasional dengan Konsep Paperless dan Zero Waste Event

Caption foto: Suasana saat pemaparan materi di Seminar Nasional oleh Mapala Mitapasa IAIN Salatiga. (WARTAPALA INDONESIA/ Mapala Mitapasa)

Wartapalaindonesia.com, SALATIGA – Pekan lalu Unit Kegiatan Mahasiswa Mapala Mitapasa IAIN Salatiga gelar Seminar Nasional dan Lomba Esai Lingkungan tingkat Mahasiswa dan Pelajar. Seminar tersebut untuk memperingati Hari Hutan Sedunia yang jatuh pada tanggal 21 Maret. Seminar yang mengusung tema “Hutan Kritis, Krisis Kehidupan” ini dilaksanakan di auditorium Kampus 1 IAIN Salatiga.

Kegiatan ini dibuka dengan Tari Merak yang dibawakan oleh mahasiswi IAIN Salatiga serta pembagian totebag dan tumbler kepada peserta seminar. Siti Ika Nuraini selaku ketua panitia seminar mengatakan bahwa seminar kali ini memberikan banyak hal baru, karena selain seminar kami juga melakukan aksi nyata peduli lingkungan dengan mengkampanyekan pengurangan penggunaan plastik dan botol plastik.

Seminar ini menghadirkan tiga pemateri yaitu Annisa Rahmawati, S.Si., Imre dari Greenpeace Indonesia, Budi Santoso, S.Si, M.Si. dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Tengah, dan Haryo Aji Nugroho, S. Sos., M.A. selaku Akademisi IAIN Salatiga. Yang dimoderatori oleh  Elok Faiqotul Mutia, S.IP., M.Si dari Enter Nusantara.

Peserta seminar terdiri dari mahasiswa IAIN Salatiga dan sekitarnya, mapala–mapala dari universitas di Solo dan Semarang, dan juga beberapa pelajar Salatiga dan sekitarnya. Seminar yang begitu unik dengan mengusung konsep paperless dan zero waste event ini dihadiri sejumlah 480 peserta.

“Pada Seminar Hari Hutan Sedunia ini, kami ingin mempelopori mahasiswa IAIN Salatiga untuk menerapkan konsep paperless, yaitu konsep seminar tanpa menggunakan kertas, misalnya meniadakan foto kopian materi dan diganti dengan materi seminar yang bisa diunduh melalui website, yang kedua zero waste event yaitu suatu sistem untuk seluruh serangkaian kegiatan ini meminimalisir penggunaan barang–barang yang akan menjadi sampah, misalnya meniadakan kardus snack diganti dengan lepek,” jelas Nur Colis, Ketua Umum Mapala Mitapasa.

Di penghujung seminar dilaksanakan penyerahan hadiah untuk pemenang lomba esai lingkungan yang telah dilaksanakan sehari sebelumnya. Kategori pelajar dimenangkan oleh Sri Setyaningsih dariMAN 2 Semarang, Iqbal Iswandaru Armapala Kendal, dan Thoyibah dari MAN Salatiga. Sedangkan kategori mahasiswa dimenangkan oleh Untung Farchan Ramadhani mahasiswa IAIN Salatiga, Winarni Wahyuningsih mahasiswa IAIN Salatiga, dan Zalma Anisa Nur Afifah mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana. Acara ini ditutup dengan musikalisasi puisi oleh Teater Getar IAIN Salatiga.

Kontributor || Mapala Mitapasa

Editor || Jelita Sondang

Penyerahan secara simbolik totebag dan tumblr.

Kirim tulisan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: