WARTAPALA INDONESIA

Melahirkan Bibit Pencinta Alam

Wartapalaindonesia.com, EDUKASI – MI Salsabila Camp merupakan sekolah dasar berbasis alam dan out bond, sekolah ini terletak di Perum Mutiara Citra Asri N5 No.4-8 Sidoarjo.

Sekolah yang cukup unik ini memiliki kurikulum yang berbeda dengan sekolah dasar pada umumnya, Salsabila camp memadukan kurikulum pendidikan nasional dan menambah dengan unsur alam yang dominan.

Pembelajaran tidak melulu di dalam kelas saja, namun sering diajak di halaman terlebih lagi di depan sekolah ada sungai tempat ikan dan mahkluk hidup lainnya yang hidup di air bisa dijadikan objek pembelajaran.

Apalagi sekitar 200 meter terdapat sawah bahkan anak-anak kerap turun langsung ke sawah, tentunya membuat anak-anak sangat senang dan tentunya tak akan terasa jenuh bersekolah.

Setiap pagi sebelum bel mulai pembelajaran dan sore sebelum pulang sekolah siswa-siswi dibiasakan ikut serta merawat dan menjaga lingkungan sekolah dengan membersihkan sampah, menyiram tanaman yang ada di kebun dan halaman sekolah.

“Setiap waktu dan setiap saat anak-anak menanam dan merawat tanaman mereka, sosok anak-anak menjadi ujung tombak pelestarian lingkungan di wilayah sekolah.,” itulah ungkapan Tari, pengajar yang juga alumnus Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, pernah menjadi aktivis Pencinta Alam ketika masih aktif diperkuliahan.

Usia anak sekolah dasar sangat bangus untuk dikenalkan dan langsung dibiasakan untuk ikut merawat lingkungan sekolah mereka, tidak dipungkiri mereka juga akan terbiasa melakukan yang dilakukan disekolah dilakukannya juga rumah.

Pola pembiasaan dimulai dari hal yang kecil yakni membuang sampah pada tempatnya dan sering-seringlah menengok tanaman yang ada disekitar,

Karakter cinta lingkunganlah yang ditonjolkan di MI Salsabila Camp ini setelah itu baru materi pengetahuan yang menganut kurikulum nasional, tanaman sangat dihargai bahkan ada anak yang sangat sedih bila melihat tanaman yang dekat dengan kelasnya kering atau bahkan mati.

Mungkin 10 atau 20 tahun lagi meraka yang kini masih bersekolah di tingkat dasar akan menjadi penerus pelestari alam oleh karena itu jangan kita rusak alam ini agar nantinya anak-anak masi bisa melihat, merawat dan menjaganya.

Kontributor : Alfun Salam

Editor : Chalimatus Sadiah

Kirim Pers Release kegiatan / artikel / berita / opini / tulisan bebas beserta foto kegiatan organisasi / komunitas / perkumpulan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

Kirim tulisan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: