MPALH UNP Sosialisasikan Olahraga Orienteering di Ranah Minang

Caption foto: Suasana sosialisasi orienteering  bertema “Mengenalkan Olahraga Orienteering di Ranah Minang” pada 19 Oktober 2019. (WARTAPALA INDONESIA/ Oki Aria Adinata)

Wartapalaindonesia.com, PADANG – Mahasiswa Pecinta Alam dan Lingkungan Hidup Universitas Negeri Padang (MPALH UNP) untuk kali pertama menyelenggarakan kegiatan sosialisasi orienteering dan Fun Orienteering pada 19 Oktober 2019 di Universitas Negeri Padang. Tema yang diusung dalam kegiatan ini yaitu “Mengenalkan Olahraga Orienteering di Ranah Minang”.

Tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk mengenalkan olahraga orienteering di kalangan siswa (Sispala), mahasiswa (Mapala), penggiat olahraga dan masyarakat umum di Sumatera Barat, khususnya kota Padang. Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan lomba  Orienteering Competition yang rencana akan diadakan dalam beberapa waktu mendatang.

Orienteering adalah sebuah olahraga navigasi melintas medan yang belum dikenali, dengan bantuan peta yang detail juga terperinci dan kompas untuk menuju sasaran yang sudah ditentukan dengan waktu secepat mungkin.

Pada kegaiatan orienteering kali ini menggunakan alat sportident dalam pencatatan waktu serta penentuan pemenang secara otomatis, hasil nilai dapat dilihat di http://funorienteering-sumbar.netlify.com .

Pada kegiatan ini terjalin sinergi bersama Federasi Orienteering Nasional Indonesia Sumatera Barat (FONI Sumbar) dan FONI pusat yg diwakili oleh Wahyudi Setiaji dari Bidang Diklat. Sinergi tersebut mampu menarik antusias peserta untuk mengikuti kegiatan, sejumlah 122 orang terbukti mendaftar online.

FONI Sumbar baru berdeklarasi pada 1 Agustus 2019 lalu, yang saat ini diketuai oleh Oki Aria Adinata.

“Kami dari FONI Sumbar sangat terima kasih kepada semua pihak yang mendukung agar orienteering di Sumbar bisa berkembang. FONI Sumbar membuka pintu seluas-luasnya kepada semua orang, club, dan organisasi yang akan melaksanakan kegiatan orienteering untuk memajukan orienteering di Sumatera Barat, seperti yang dilaksanakan MPALH UNP. Hormat kepada FONI pusat yang mau memberikan dukungan dalam perkembangan orienteering di Sumbar,” ujar Oki, selaku ketua Foni Sumbar.

Peserta kegiatan ini tidak hanya dari kota Padang saja, melainkan dari berbagai daerah lain di Sumatera Barat, seperti Padang, Bukit Tinggi, Batu Sangkar, Tanah Datar, Agam, Padang Panjang dan lainnya.

“Bahasa orienteering terdengar asing pada sebagian besar masyarakat di Sumbar, padahal kemungkinan sehari-hari kita melakukannya. Kami harap dengan kegiatan sosialisasi ini makin banyak yang mengenal olahraga orienteering dan juga kami harap bisa menemukan calon atlet orienteering di Sumatera Barat,” ujar Dio Hardyan, selaku ketua pelaksana.

Fun Orienteering yang dilaksanakan oleh MPALH UNP menggunakan sistem cross country. Dalam kegiatan ini peserta harus berurutan mengunjungi titik poin yang ada dalam peta.  Jadi, ketika peserta tidak urut dalam mengunjungi titik poin maka akan dinyatakan gugur atau didiskualifikasi.

Kegiatan tersebut berlangsung sejak pagi sampai sore hari, dan ditutup dengan pembagian doorprize untuk para pemenang Fun Orienteering dan foto bersama seluruh peserta dan panita.

Kontributor || Oki Aria Adinata

Editor || Dewi Ayuningtyas, WI 190042

Kirim tulisan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: