WARTAPALA INDONESIA

Nonton Bareng Film Dokumenter Sexy Killers

Caption foto: Foto bersama usai nonton film Sexy Killers di kampus STT Migas Balikapapan. (WARTAPALA INDONESIA/ Muhammad Riskiullah)

Wartapalaindonesia.com, BALIKPAPAN – Mapala Cadas.com STT Migas Balikpapan, menggelar nonton bareng film dokumenter Sexy Killers. Tak sekedar nonton bareng saja, tetapi sekaligus diskusi tentang isi film tersebut. Dalam film ini, salah satunya mengisahkan sisi lain dari konflik pertambangan batu bara, khususnya di Kalimantan Timur.

Nonton bareng yang diadakan di kampus STT Migas Balikpapan ini dibuka untuk umum. Ditujukan untuk mengundang reaksi kalangan aktivis lingkungan, mahasiswa maupun masyarakat umum.

Dalam nonton bareng ini dihadirkan empat narasumber yang memiliki penguasaan ilmu berbeda-beda, serta berpengalaman dalam bidang keilmuan masing-masing. Narasumber yang dihadirkan diantaranya AJI, Jatam, Dosen Lingkungan Hidup hingga pejuang kesejahteraan karyawan tambang.

Febian Awaliya selaku kordinator pemutaran film dokumenter, mengatakan bahwa dalam pemutaran film ini bertujuan untuk membuka wawasan kita terkhususnya mahasiswa, yang nantinya akan masuk dan bekerja ke dalam industri pertambangan.

“Dengan adanya film ini sangat diharapkan bagi mahasiswa sadar akan pentingnya keselamatan lingkungan dan pengawalan operasional perusahaan sesuai dengan amdal yang berlaku. Tidak pada pemahaman lingkungan, film ini juga memberikan pemahaman terkait permasalahan oligarki industri pertambangan,” ujarnya.

Lain halnya dengan Hema Maleni dari Jatam Kaltim selaku narasumber, mengungkapkan bahwa siapa saja yang sudah menonton film berdurasi satu jam ini harus terlibat dalam penggusuran/merampas lahan masyarakat yang terdampak langsung terhadap kerusakan lingkungan.

Film ini Sexy Killers ini juga memperikan pengetahun bagi para pejuang lingkungan, yang memperlihatkan tantangan demi tantangan dalam memperjuangkan lingkungan, hak-hak masyarakat petani yang seharusnya diberikan kesejahteraan.

Kontributor || Muhammad Riskiullah, WIJA Balikpapan

Editor || Agung Wahyu Utomo

Kirim tulisan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: