Pameran Ekowisata : Mendukung Konsep Pariwisata Ramah Lingkungan

Pameran ekowisata dalam mendukung konsep pariwisata yang ramah lingkungan digelar oleh mahasiswa jurusan Kehutanan angkatan 2015 Universitas Muhammadiyah Malang, Rabu (29/11/2017). (WARTAPALAINDONESIA/ Agung Wahyu)

Wartapalaindonesia.com, MALANG – Mahasiswa Jurusan Kehutanan angkatan 2015 Universitas Muhammadiyah Malang menggelar pameran ekowisata untuk mendukung pengembangan wisata alam dengan konsep ekowisata yang ada di kabupaten Malang dan sekitarnya.

Pameran ini diselenggarakan di aula lantai 1 Masjid AR Fachrudin Universitas Muhammadiyah Malang pada Rabu (29/11/2017) lalu.

Acara yang mengusung Tema “Memperluas Wawasan Ekowisata Demi Terciptanya Mahasiswa Kehutanan yang Progresif dalam Pengembangan Ekowisata Berbasis Community Based Ecotourism” sebagai landasan pemikiran.

Dihadiri oleh kurang lebih 100 tamu yang berasal dari mahasiswa Jurusan Kehutanan dan mahasiswa Jurusan lain yang ada di Universitas Muhammadiyah Malang.

“Mahasiswa Kehutanan harus mampu mengembangkan tempat wisata yang ramah lingkungan, maka dari itu pameran ini di adakan agar mahasiswa Kehutanan mengetahui tentang ekowisata yang ada di lingkup Kabupaten Malang sebagai proses peningkatan wawasan tentang ekowisata,” ujar Rizal kopi dalam sambutannya sebagai ketua pelaksana.

Tatag Muttaqin selaku kepala Jurusan Kehutanan Universitas Muhammadiyah Malang, menegaskan bahwa sebelum diadakan pameran ekowisata ini, mahasiswa terlebih dahulu melakukan analisis terhadap tempat yang memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi tempat wisata alam.

“Kemudian di pamerkan dalam bentuk foto dan video pendek. Proses analisis tersebut berfungsi untuk menentukan strategi dalam pengembangan ekowisata,” jelas Tatag.

“Pameran ini adalah wujud pembelajaran bagi mahasiswa dalam proses pengenalan tempat wisata terutama yang ada di dalam kawasan hutan agar tempat wisata tersebut dapat dikembangkan dengan baik untuk mensejahterakan masyarakat sekitar dan tentunya tetap pada kaidah-kaidah konservasi,” lanjut pria yang memiliki gelar S.hut M.sc tersebut.

Tidak hanya pemutaran video saja, acara ini diisi dengan hiburan musik untuk menghibur tamu yang datang sembari melihat foto tempat wisata yang dipamerkan.

Disela pemutaran video juga diisi dengan penyampaian analisis SWOT yang telah dilakukan di lapang. Guna memberikan pemahaman tentang hal-hal yang perlu di jaga dan di tingkatkan dalam setiap tempat wisata yang ada di dalam kawasan hutan.

Eren salah satu mahasiswa Kehutanan yang hadir dalam pameran berharap, “dengan adanya pameran ini, mahasiswa Kehutanan diharapkan mampu mengenali potensi wisata pada suatu kawasan. Terutama pada kawasan hutan yang nantinya dapat dikembangkan bersama masyarakat dengan konsep wisata minat khusus agar kelestarian hutan tetap terjaga dengan baik.”

Kontributor : Agung Wahyu

Editor : Ragil Putri Irmalia

Kirim Pers Release kegiatan / artikel / berita / opini / tulisan bebas beserta foto kegiatan organisasi / komunitas / perkumpulan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081553355330 (WA)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini:
Positive SSL