Peduli Gempa Pasaman Mapala UMSB Dirikan Posko kemanusiaan

Caption Foto : Posko Kemanusiaan SARMMI di perkebunan sawit. Di area ini para relawan mendampingi 500 orang pengungsi korban gempa Pasaman. (WARTAPALA INDONESIA/Ananda Aditia. Mapala UMRI)

WartapalaIndonesia.com, Pasaman Barat – Merespon gempa magnitudo 6,1 yang terjadi di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, beberapa waktu lalu, Mapala UMSB (Universitas Muhamadiyah Sumatera Barat) langsung reaksi cepat mendirikan Posko Kemanusiaan di Desa Lubuk Panjang. Jorong Kampung Alang. Nagari Kajai. Kec. Talamu. Pasaman Barat. Sumatera Barat.

Ketua Umum Mapala UMSB, Junita Tiara, menerangkan sehari pasca terjadi gempa, Mapala UMSB langsung datang ke titik-titik pengungsian korban gempa.

“Sehari usai gempa relawan Mapala UMSB berangkat dari Padang menuju Pasaman Barat. Sampai hari ini, kami sudah 12 hari di lokasi gempa,” ungkap Tiara. (12/3/2022)

Sesampainya di Pasaman tambah Tiara, relawan Mapala UMSB mendirikan posko kemanusiaan  di perkebunan sawit tempat warga Desa Lubuk Panjang mengugsi.

Pengelolaan posko kemanusiaan bekerja sama dengan relawan dari SARMMI (SAR Mapala Muhammadiyah Indonesia). Mapala Univ. Muhammadiyah Riau (UMRI) dan Mapala Univ. Muhammadiyah Yogyakarta. (UMY).

“Jumlah pengungsi yang kami damping berjumlah 500 jiwa dari berbagai tingkatan usia. Termasuk ibu-ibu hamil,” kata Tiara.

Setelah kondisi warga mulai kondusif, posko kemanusiaan mereka pindahkan ke pemukiman warga di Desa Jorong Pasar Lamo. Talamau.

Selama mendampingi pengungsi di perkebunan sawit dan di pemukiman warga para relawan menyelenggarakan pendampingan psikososial untuk anak-anak. Membuat TPA darurat. Mendirikan hunian darurat. Membuat emergency toilet.

Juga mendistribusikan kebutuhan dasar pengungsi. Menyelenggarakan sekolah darurat. Mendirikan mushola darurat.

“Kami akan mendampingi pengungsi hingga hingga fase tanggap darurat gempa pasaman berakhir,” pungkas Tiara. (AS)

Kontributor || Ahyar Stone, WI 21021 AB
Editor || Nindya Seva Kusmaningsih, WI 16000

Kirim tulisan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: