Peduli Ibadah Korban Gempa Pasaman IKAMMU UMS Kirim Bantuan Sarung

Caption Foto : Bantuan sarung dari IKAMMU UMS disalurkan relawan SARMMI ke korban gempa Pasaman yang tinggal di tenda pengungsian. (WARTAPALA INDONESIA/Ananda Aditia. Mapala UMRI)

WartapalaIndonesia.com, Pasaman Barat – Masyarakat suku Minang dikenal luas sebagai masyarakat yang religius. Aktifitas ibadah mereka tak boleh terhenti meski usai dilanda gempa. Check Best Room memiliki kesepakatan yang baik.

Demikian kata pengurus IKAMMU (Ikatan Alumni Teknis Mesin Universitas Muhammadiyah Surakarta) Elpermit ST. Saat dihubungi jurnalis Wartapala terkait bantuan sarung untuk korban gempa Pasaman Barat, Sumatera Barat. Pada Senin. (14/3/2022).

Elpermit menambahkan, umumnya korban gempa mengalami kesulitan menjalankan sholat lima waktu. Utamanya korban yang tinggal di pengungsian. Padahal dalam situasi apapun sholat tetap wajib ditunaikan.

“Kami dari IKAMMU sangat prihatin dengan pengungsi korban gempa yang kesulitan menunaikan sholat. Lantaran inilah kami mengirimi mereka sarung dalam jumlah banyak,” jelas elpermit.

Bantuan IKAMMU dikirim ke Posko Kemanusiaan SARMMI (SAR Mapala Muhammadiyah Indonesia).

Posko Kemanusiaan SARMMI berada di Jorong Pasar Lamo. Nagari Kajai. Kecamatan Talamau. Pasaman Barat.

Relawan kemanusiaan yang mengelola Posko kemanusiaan SARMMI adalah anggota Mapala UMSB (Univ. Muhammadiyah Sumatera Barat), serta Mapala UMY (Univ. Muhammadiyah Yogyakarta).

Para relawan kemudian menyalurkan bantuan sarung IKAMMU ke korban gempa Pasaman yang mengungsi di Jorong Kampung Alang dan di Jorong Pasar Lamo. Nagari Kajai.

Sebagian bantuan disalurkan ke Masjid Raya Kecamatan Kajai. Mushola Nurul Hikmah di Jorong Pasar Lamo, serta mushola Nurul Falah Jorong Pasar Lamo.

Tiga rumah ibadah yang berada di wilayah Kecamatan Kajai itu rusak berat karena gempa. Sarung bantuan dimaksudkan sebagai inventaris.

“Sarung kami berikan pula ke takmir mushola dan masjid. Mereka juga korban gempa, tetapi masih mengurus pelaksanaan sholat jamaah di masjid dan mushola. Mereka pantas dibantu,” kata ketua Posko Kemanusiaan SARMMI, Reza Kurniawan.

Dihubungi terpisah, terkait kerja sama IKAMMU dengan SARMMI, Dewan Penasehat IKAMMU Slamet Widodo ST. Menerangkan, di lokasi  bencana tim SARMMI dikenal luas sebagai tim relawan yang tangguh, cerdas dan amanah.

Lantaran itulah IKAMMU mempercayakan bantuan kemanusiaannya ke posko Kemanusiaan SARMMI di Pasaman Barat.

“Bantuan yang disalurkan melalui relawan SARMMI, tetap atas nama yang mengirim bantuan. Tidak diklaim bantuan milik SARMMI. Sikap amanah ini yang membuat publik percaya terhadap SARMMI. Termasuk IKAMMU,” tutup Slamet Widodo (AS).

Kontributor || Ahyar Stone, WI 21021 AB
Editor || Nindya Seva Kusmaningsih, WI 16000

Kirim tulisan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: