WARTAPALA INDONESIA

Penanaman 1000 Bibit Pohon Pinus Cypres, Kerjasama METALA dengan Lions Club Solo Bengawan

Wartapalaindonesia.com, SURAKARTA – Kamis (19/4/2018) METALA (mahasiswa ekonomi pecinta  alam) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta bekerjasama dengan Lions Club Solo Bengawan menggelar acara penanaman seribu pohon Pinus Cypres, bertempat di Lereng Lawu Hutan Tlogodlingo, Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Bertepatan pada hari Minggu, 8 April 2018 merupakan hari pelaksanaan kegiatan tersebut.

Lions adalah orang-orang yang berjiwa pengabdian yang secara sukarela menjadi anggota Lions club di berbagai negara yang bernaung dibawah suatu organisasi internasional yang berpusat di Oak Brook, Illinois, Amerika Serikat.

Relawan sosial ini senang bersahabat dan bersedia menyediakan waktu luang mereka untuk membantu sesama manusia yang memerlukan bantuan di seluruh dunia, seraya berusaha membuat lingkungan hidup mereka menjadi tempat yang lebih baik untuk dihuni.

Sejak awal, kegiatan pengabdian yang dilakukan setiap Lions Club ditekankan kepada usaha-usaha membantu sesama manusia yang kurang beruntung. Anggaran Dasar Club sebagai mana direkomendasikan Asosiasi dapat disesuaikan oleh setiap Club dengan kebutuhan setempat tanpa mengabaikan prinsip-prinsip kerja dan Anggaran Dasar Asosiasi.

Hak otonomi yang diberikan kepada setiap Club dan kebijaksanaan untuk mengkonsentrasikan kegiatan pada pengabdian yang benar-benar dibutuhkan masyarakat, merupakan dua faktor penentuan kesukseskan Lions Clubs dimanapun diseluruh dunia.

“Bentuk kegiatan sosial yang nyata, berbakti kepada bumi,” kata Koh Yuan, kordinator dari Lions Club Solo Bengawan.

Implementasi dari tujuan tersebut Lions Club Bengawan Solo yang bertempat di Solo,  di tahun 2018 megadakan pengabdian masyarakat berupa penanaman 1000 pohon pinus cypres.

Relawan dengan jumlah sekiar 80 orang ikut serta membantu kegiatan penanaman tersebut, yang berasal dari freelance, mapala solo raya, dan Keluarga Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Respon yang baik dari peserta dengan adanya kegiatan ini di tunjukkan dengan berhasilnya menanam 1000 bibit pohon pinus cypres dengan saling membantu dan gotong royong bersama. Tak hanya respon positif dari peserta tapi respon positif dari yang menyelenggarakan kegiatan tersebut.

Banyak sekali manfaat yang dapat di ambil dari pohon pinus, menurut kajian yang dilakukan oleh para ilmuwan sungguh menakjubkan, dimana menurut mereka hampir keseluruhan dari pohon ini memiliki manfaat yang besar bagi kesihatan. Baik batang, daun, akar dan yang paling dahyat adalah getah pohon ini. Menurut mereka getah pohon Cypress ini sangat mujarab untuk mengobati segala macam penyakit.

Sementara itu secara garis besar pohon Pine Cypress dikatakan memiliki kemampuan sebagai anti virus, kuman dan depresif, dan memiliki kemampuan memulihkan kesehatan serta membantu sistem peredaran darah dan membersihkan darah kotor.

Menurut penuturan Dr Azhar Ali, ilmuwan kedokteran islam asal Malaysia yang kini sedang giat-giatnya meneliti pohon pine Cypress mengatakan, bahwa pohon pine Cypress  memiliki kandungan fitokimia yang sangat bernilai tinggi untuk kesehatan seperti monoterpenes dan phycenogen.

“Harapannya METALA, Lions Club Solo Bengawan dan freelance, mapala solo dan KAMA FEB UMS tak hanya berhenti di kegiatan sosial kemarin tapi dapat bekerjasama di kegiatan sosial berikutnya,” kata Attabik Ahmad selaku Ketua Umum METALA FEB UMS.

Kontributor || METALA FEB UMS

Editor || A. Phinandhita P.

Kirim tulisan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: