Pentingnya Air Bagi Kehidupan Makhluk Hidup

Aliran air terjun Kakek Bodo, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur. Foto oleh : A. Phinandhita P. (WARTAPALA INDONESIA/ Siti Sholikah K-573 dan Haniful Abid K-570)

Wartapalaindonesia.com, LINGKUNGAN – Hari air sedunia atau World Water Day merupakan perayaan yang ditujukan untuk menarik masyarakat agar sadar akan pentingnya air bersih. Hari Air diperingati setiap tanggal 22 Maret dan pertama kali dicetuskan dalam sidang PBB ke-47 pada tanggal 2 Desember 1992 di Rio De Janeiro, Brazil.

Menurut ensiklopedia wikipedia (2015), jumlah air yang ada di bumi 97% nya adalah air laut (air asin) dan 3%nya adalah air tawar. Dari 3% air tawar tersebut terdiri dari 68,7% es dikutub, 30% air tanah dan 0,9% tersimpan dalam bentuk tanah beku (permafrost).

Jumlah penduduk  yang ada di bumi saat ini sekitar 7,4 miliar jiwa. Setiap tahunnya jumlah penduduk bumi  terus mengalami peningkatkan. Hal ini tidak sebanding dengan ketersedian air bersih yang stagnan bahkan cenderungsemakin lama mengalami penurunan.

picasion.com_de58394176c77addc91cf630da1cd1d2

Di Indonesia sendiri saat ini sedang mengalami krisis air bersih seperti di Nusa Tenggara dan beberapa daerah di Pulau Jawa.

Berdasarkan data sementara BNPB (BadanNasional Penanggulangan Bencana), terdapat sekitar 105 kabupaten/kota, 715 kecamatan, serta 2726 kelurahan di Pulau Jawa dan Nusa Tenggara mengalami kekeringan dan krisis air bersih.

Begitu pentingnya air bagi seluruh segi kehidupan. Air tidak dimanfaatkan oleh manusia saja tapi juga seluruh makhluk yang ada di bumi. Di era modern ini kita dituntut untuk menghemat air, tapi nyatanya kita masih membuang airdalam jumlah banyak.

 Sedangkan,saudara kita masih kesusahan untuk mendapatkan air bersih. Mereka rela berjalan berkilo-kilo meter hanya untuk mencari air untuk kebutuhan makan dan minum, belum lagi kebutuhan air untuk mandi cuci kakus.

Pada peringatan Hari Air ini, menjadi momen bagi para penggiat alam, aktivis lingkungan, mahasiswa dan berbagai kalangan untuk menyambut  hari air dengan berbagai kegiatan.

Nature-based solutions for water merupakan tema yang diusung dalam memperingati hari air sedunia tahun ini. Melalui tema tersebut kita sebagai pengguna sumber daya alam diajak untuk mengeksplorasi bagaimana menggunakan air dengan bijak.

Air merupakan komponen utama adanya kehidupan di bumi.Mari kita mengelola air dengan sebaik-baiknya.Karena tanpa air, kita tidak dapat berbuat apa-apa.

Terhubung dengan PMPA KOMPOS :

  • Instagram : pmpakompos
  • Facebook : PMPA KOMPOS
  • Email : pmpakomposfpuns@gmail.com
  • Web : kompos.fp.uns.ac.id
  • CP : 085725484149 (Rafika Annisa)

Kontributor : Siti Sholikah K-573, Haniful Abid K-570, Herlina Tri Kumalasari K-561 (PMPA KOMPOS)

Editor : A. Phinandhita P.

Kirim Pers Release kegiatan / artikel / berita / opini / tulisan bebas beserta foto kegiatan organisasi / komunitas / perkumpulan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

Dokumentasi, PMPA KOMPOS

PMPA KOMPOS

Kirim Pers Release kegiatan / artikel / berita / opini / tulisan bebas beserta foto kegiatan organisasi / komunitas / perkumpulan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan