Peringati Sumpah Pemuda, Mahapala UNNES Kibarkan Merah Putih Di Pegunungan Himalaya

Caption foto : Merah Putih berkibar di Puncak Gunung Island Peak. Gunung yang berketinggian 6189 meter ini merupakan salah satu puncak di Pegunungan Himalaya. (WARTAPALA INDONESIA Panitia SIYE V)

WartapalaIndonesia.com, Kathmandu – Satu lagi Mapala dari Indonesia yang berhasil mengibarkan sang dwi warna di pegunungan Hilamalaya. Kali ini prestasi datang dari Mahapala Universitas Negeri Semarang (UNNES).

Bertepatan dengan Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2022, pendaki Mahapala UNNES yakni Ahmad Dzulfikar yang didampingi seorang alumni Mahapala UNNES Priyo Handoko, berhasil mencapai puncak Gunung Island Peak.

Gunung yang berketinggian 6189 meter itu, adalah salah satu puncak di Pegunungan Himalaya. Pendaki Mahapala UNNES, mendaki Gunung Island Peak melalui Kathmandu, Nepal.

Ahmad Dzulfikar yang merupakan mahasiswa jurusan Ilmu Geografi, Fakultas Ilmu Sosial UNNES menerangkan, tanggal 28 Oktober 1928 merupakan hari yang paling ditunggu bagi seluruh pemuda bangsa Indonesia. Di dalamnya berisikan janji para pemuda bangsa untuk mencintai tanah air, bangsa dan bahasa Indonesia.

“Untuk menumbuhkan semangat nasionalisme Pemuda Indonesia dalam memperingati hari Sumpah Pemuda ke 94, kami Mahapala UNNES bertekad mengibarkan merah putih pada puncak Gunung Island Peak. Alhamdulillah, kami berhasil dalam keadaan sehat dan selamat,” imbuhnya.

Diterangkan pula oleh Ahmad Dzulfikar, pendakian ke Gunung Island Peak merupakan salah satu dari ekspedisi Internasional yang pernah Mahapala UNNES laksanakan. Ekspedisi ini bertajuk Spirit of Indonesian Youth Expedition V.

Untuk diketahui, sebelum ke Gunung Island Peak, pada tahun 2009 Mahapala UNNES sudah melakukan pendakian ke puncak tertinggi di Benua Afrika yakni Gunung Kilimanjaro.

Pada tahun 2011, tim Mahapala UNNES melakukan pendakian di Gunung Elbrus. Gunung yang terletak di Rusia ini merupakan  puncak tertinggi di Benua Eropa.

Kemudian, di tahun 2013 tim Mahapala UNNES menyelenggarakan ekspedisi pendakian ke Gunung Aconcagua.  Dalam daftar Seven Summits of the World, Gunung Aconcagua tercatat sebagai puncak tertinggi di Benua Amerika Selatan.

Selain memiliki prestasi pendakian di level dunia, Mahapala UNNES juga memiliki segudang prestasi lain. Salah satunya, pada tahun 2015, mereka melalukan bhakti sosial untuk Papua.

Terhadap kesuksesan di Gunung Island Peak, Ahmad Dzulfikar mengungkap, “Keberhasilan saya untuk mengibarkan bendera merah putih di Puncak Gunung Island Peak, tentu tak lepas dari doa dan dukungan  keluarga, serta tim pendukung ekspedisi Spirit of Indonesian Youth Expedition V. Semoga dengan berhasilnya ekspedisi ini, Mahapala UNNES dapat terus mencetak prestasi-prestasi di kancah Internasional”.

Guna mencapai puncak Gunung Island Peak ini, Ahmad Dzulfikar harus melewati serangkaian latihan fisik dan psikologis, untuk menumbuhkan mental dan fisik yang kuat.

Dengan semangat juang yang selalu ia tanamkan di dalam hatinya, Ahmad Dzulfikar tampak tak pernah lelah tatkala berjuang mengibarkan dwi warna di salah satu puncak di pegunungan Himalaya.

Semangat juangnya, mirip dengan semangat para pemuda bangsa Indonesia yang tak pernah lelah berjuang untuk  mencetuskan lahirnya Sumpah Pemuda. (AS)

Kontributor || Panitia SIYE V
Editor || Ahyar Stone, WI 21021 AB

Kirim tulisan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.