#Pi.Magelang Rayakan Milad ke-3

Caption foto: Foto bersama usai perayaan Milad ke-3 #Pi.Magelang. (WARTAPALA INDONESIA/ Roihan Afifurrofi)

Wartapalaindonesia.com, MAGELANG – Alam merupakan permukaan bumi, dimana tempatnya tidak terdapat aktifitas manusia melainkan sebagai tempat yang masih natural. Sehingga alam sangat dilindungi untuk kehidupan hewan dan makhluk-makhluk lainnya.

Fungsi alam ialah sebagai bahan garapan bagi kita semua yang hidup di dunia ini. Maka dari itu manusia wajib untuk melestarikan alam sekitar dan melindungi dari orang-orang yang ingin merusaknya.

Sebagai pegiat alam bebas sudah semestinya kita tahu dan faham akan hal tersebut. Bagaimana kita harus menjaganya, merawatnya dan juga melindunginya.

“Tema Bakti Cinta Kepada Alam, didasari pada rentetan peristiwa mengenai pendakian dan kerusakan alam yang terjadi akhir-akhir ini, termasuk juga adanya pemetikan edelweis, huru hara di gunung yang menyebabkan satwa hutan terganggu, kelalaian pendaki yang masih suka buang sampah sembarangan hingga kejadian kebakaran hutan,” ungkap Putri Rakhmawati, salah satu admin #Pi.Magelang.

“Melalui tema ini, ingin membuka pandangan para pendaki supaya mereka paham, bahwa meskipun dengan tindakan sederhana seperti, bawa kembali sampahnya, ikuti peraturan yang ada dan tidak melewati jalur ilegal. Dengan melakukan hal tersebut mereka bisa turut serta berkontribusi untuk menjaga kelestarian alam yang ada,” imbuh Putri, sapaan akrabnya.

“Melalui cara diskusi dalam Milad kali ini, diharapkan dapat membangun dan meningkatkan kesadaran para pendaki bahwa sejatinya alam ini, meskipun bisa regenerasi sendiri, tetapi kalau terus menerus dirusak, akan rusak juga. Karena bukan Alam yang membutuhkan kita, tapi kita, manusia, yang membutuhkan Alam sebagai sarana penunjang kehidupan kita,” tutupnya.

Acara tersebut terlaksana pada hari Minggu, 6 Oktober 2019 di Dusun Sawit, Girirejo, Ngablak, Magelang, Jawa Tengah. Pada acara tersebut diisi materi oleh Muhammad Ridwan dari TANAHTINGGI.ID yang menyampaikan mengenai pentingnya menjaga ekosistem hutan dan bagaimana menerapkan konsep pendakian ramah lingkungan.

Selain dari TANAHTINGGI.ID pada acara tersebut juga diisi materi oleh Iwan Santoso (Koncer), selaku Ketua Basecamp Gunung Kembang Via Blembeng, mengenai pentingnya meminimalisir sampah yang kita bawa saat pendakian dan pentingnya komitmen pelestarian alam sejak dini.

Semoga dengan adanya materi tersebut bisa memberikan wawasan yang luas kepada rekan-rekan yang hadir dan bisa meningkatkan kesadaran terhadap pentingnya menjaga alam, untuk generasi yang akan datang.

Kontributor || Roihan Afifurrofi, WI 190034 (WA: 083869148660)

Editor || Nindya Seva Kusmaningsih, WI 160009

Kirim tulisan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: