WARTAPALA INDONESIA

PMPA KOMPOS FP UNS Menggelar Kegiatan Donor Darah

Caption foto: Saat proses donor darah oleh petugas PMI Surakarta di Aula Mahasiswa FP UNS. (WARTAPALA INDONESIA/ Herlina Tri Kumalasari)

Wartapalaindonesia.com, SURAKARTA – Perhimpunan Mahasiswa Pencinta Alam KOMPOS Fakultas Pertanian UNS kali ini mengadakan acara Donor Darah yang bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Surakarta. Kegiatan ini dilakukan pada hari Kamis, 14 Maret 2019 bertempat di Aula Mahasiswa FP UNS.

Donor darah merupakan proses pengambilan darah dari seseorang (calon pendonor) secara sukarela untuk disimpan dan dapat digunakan transfusi darah.

Adapun persyaratan untuk dapat melakukan donor darah adalah sehat jasmani maupun rohani, berusia 17-65 tahun, berat badan minimal 45 kg, hemoglobin >12,5-17,9 dan tekanan darah normal 110-160 mmHg (sistole), 70-100 mmHg  (diastole).

Kegiatan Donor Darah dimulai dari pukul 10.00-14.00 WIB, dan pendaftaran ditutup pada pukul 13.00 WIB. PMI Surakarta sendiri mempunyai target yaitu mendapatkan 60 kantong darah.

Akan tetapi setelah dilakukan pengecekan,kantong darah yang didapatkan hanya sebanyak 49 kantong dan sebanyak 16 calon pendonor gagal dalam melakukan donor darah dikarenakan terdapat berbagai faktor alasan dari calon pendonor tersebut.

“PMPA KOMPOS memang melakukan kegiatan donor darah bekerja sama dengan PMI setiap 2 bulan sekali ketika masa perkuliahan sedang berlangsung,” kata Siti Sholikah selaku Ketua Panitia.

Alur yang dilakukan ketika melakukan donor darah yaitu dengan mengisi absensi dan formulir data diri, lalu diverifikasi oleh petugas PMI. Kemudian calon pendonor melakukan cek kesehatan oleh dokter berupa tekanan darah, kadar hemoglobin, dan golongan darah. Ketika sudah dinyatakan lolos oleh dokter maka calon pendonor tersebut dapat melakukan proses donor darah selama kurang lebih 15 menit.

Manfaat dari melakukan donor darah yaitu menjaga kesehatan jantung dan sirkulasi darah, meningkatkan produksi sel darah merah, menurunkan resiko kanker, membakar kalori dan mendapatkan pemeriksaan kesehatan gratis.

“Diharapkan ketika dilakukan donor darah ini dapat memberikan pertolongan bagi pasien yang membutuhkan darah sehingga dengan satu tetes darah yang diberikan dapat menyelamatkan satu nyawa bagi sesama,” kata Azzam, selaku Ketua PMPA KOMPOS.

Lebih lanjut tentang PMPA Kompos, silakan hubungi kontak yang tertera di bawah ini:

Facebook : PMPA KOMPOS

Instagram : pmpakompos

Email : pmpakomposfpuns@gmail.com

Web : kompos.fp.uns.ac.id

CP : Azzam Khoirullah (087824880799)

Kontributor  || Herlina Tri Kumalasari (K-561), PMPA Kompos

Editor || N. S. Kusmaningsih

Kirim tulisan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: