WARTAPALA INDONESIA

Safari Ramadhan Bersama Gerakan Mahasiswa Pecinta Alam (GEMPA) IAIN Bengkulu

Caption foto: Foto bersama usai kegiatan. (WARTAPALA INDONESIA/ Tangir GM.IN)

Wartapalaindonesia.com, BENGKULU – Di bulan yang penuh berkah, tepatnya bulan Ramadhan 1440 H, Gerakan Mahasiswa Pecinta Alam (GEMPA) IAIN Bengkulu mengadakan kegiatan Safari Ramadhan di Desa Rindu Hati, Kec. Taba Penanjung, Kab. Bengkulu Tengah.  Kegiatan safari ramadhan merupakan acara tahunan. Pada tahun ini kegiatan yang bertemakan “Ramadhan penuh berkah, berbagi itu indah” dilaksanakan pada 25-26 Mei 2019.

Tujuan utama dari kegiatan yaitu untuk menjalin silahturrahim dengan masyarakat Desa Rindu Hati. Desa ini merupakan salah satu lokasi  diadakannya kegiatan Pendidikan Dasar dari beberapa angkatan GEMPA IAIN Bengkulu.

Silahturrahim ini sangat dianjurkan karena memiliki efek yang sangat konstruktif bagi kehidupan individu maupun sosial. Sebagaimana dianjurkan oleh Rasulullah SAW, silaturrahim memiliki banyak manfaat diantaranya yaitu  untuk memperpanjang usia dan memperbanyak rezeki bagi yang melakukannya. Seperti hadis Rasulullah SAW “Barang siapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung silaturrahim” (H.R Bukhari).

Adapun acara yang akan dilaksanakan pada kegiatan Safari Ramadhan di Desa Rindu Hati mulai dari lomba adzan dan fashion show untuk anak-anak, buka bersama dan shalat berjama’ah, serta acara inti yaitu  Nuzulul Qur’an. Yang diakhiri dengan pembagian hadiah kepada pemenang lomba. Serta masing-masing dari seluruh peserta mendapatkan buku “Metode cara cepat membaca al-qur’an” guna untuk belajar dan sebagai kenang-kenangan dari GEMPA IAIN Bengkulu.

“Kami dari aparat pemerintah desa sangat mengapresiasi kegiatan Safari Ramadhan ini karena seperti yang kita ketahui bahwa saat ini masyarakat yang mengadakan kegiatan dimasjid itu sudah mulai berkurang. Tapi dengan adanya kegiatan yang diadakan oleh GEMPA IAIN Bengkulu hampir sebagian besar masyarakat sekitar mulai dari anak-anak hingga orang dewasa ikut bergerak dan berpatisipasi, serta untuk ke depannya kami berharap semoga kegiatan Safari Ramadhan ini bisa berlanjut setiap tahunnya di desa Rindu Hati,” ungkap Asrijaya,  Kesra Desa Rindu Hati.

Bukan hanya itu saja, seluruh anggota GEMPA IAIN Bengkulu juga berbagi tugas untuk bergotong royong membersihkan tempat ibadah yaitu Masjid Nurul Iman dan sekitarnya dibantu oleh penduduk desa Rindu Hati yang terkenal akan keramah tamahannya.

“Alhamdulillah seluruh kegiatan berjalan dengan lancar dan semoga dengan adanya kegiatan semacam ini dapat memotivasi untuk organisasi pecinta alam lainnya terutama acara ini merupakan acara islamiah yang diadakan pada bulan ramadhan yang penuh berkah,”  ungkap Akdas, ketua panitia Safari Ramadhan.

Kontributor || TANGIR GM.IN

Editor || N. S. Kusmaningsih, WI 160009

Kirim tulisan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: