#Seasoldier Surabaya : Bersama Pasti Bisa, Sendiri Pasti Tertatih

Volunteer saat melakukan aksi bersih-bersih pantai di Pantai Kerang Taman Suroboyo, Sabtu (9/6/2018). (WARTAPALA INDONESIA/ Hendra Setiawan, Marine Buddies Surabaya)

Wartapalaindonesia.com, SURABAYA – Sabtu (9 Juni 2018) anggota Seasoldier Surabaya memperingati Hari Laut Sedunia bertajuk World Ocean Day Celebration dengan melakukan aksi bersih-bersih pantai di Pantai KerangTaman Suroboyo.

Kegiatan ini dimeriahkan oleh anak-anak mulai usia 5 tahun, remaja hingga orang tua.

Kegiatan dengan tema “Lautku, Lautmu, Laut Kita” ini bertujuan untuk menanamkan rasa cinta lingkungan sejak usia dini yaitu dengan mengajarkan membuang sampah pada tempatnya.

Peserta yang tergabung dalam kegiatan ini berjumlah 60 orang, terdiri dari 30 anak-anak dan 30 lainnya berasal dari perwakilan beberapa komunitas di Surabaya.

Komunitas tersebut diantaranya; Save Street Child Surabaya, Sahabat pena, Komunitas Anak Berkebutuhan Khusus, Metanesia, Genpi, Heart Project Indonesia, WWF Surabaya, Forum Anak Surabaya, Gembel Elite Traveller, Suroboyo Free Diving serta beberapa volunteer lainnya.

Dalam kegiatan ini tidak ada tokoh pemerintahan yang terlibat. Selain itu yang menjadikan lain dari kegiatan ini adalah anggota Seasoldier Surabaya turut melibatkan Anak-anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dalam kegiatan alam ini.

Kegiatan dimulai pada pukul 15.30 WIB, diawali dengan bersih-bersih Pantai Kerang Taman Suroboyo kemudian dilanjutkan dengan sharing sesama komunitas yang bergerak di bidang lingkungan.

“Banyaknya sampah plastik yang ada di pesisir pantai dan langkah nyata untuk mengatasi masalah tersebut maka selanjutnya Seasoldier Surabaya akan mengunjungi sekolah-sekolah untuk mengampanyekan tentang masalah sampah plastik,” ucap Okky, Ketua Pelaksana kegiatan.

Dalam menarik antusiasme anak-anak maka dalam kegiatan ini panitia menampilkan seorang Putri Duyung untuk membacakan cerita yang bertajuk lingkungan.

“Kegiatan ini positif banget, namun alangkah baiknya tidak hanya dilakukan satu tahun sekali melainkan dilakukan minimal satu bulan sekali,” kata gadis yang akrab disapa Kak Div, Pesona Indonesia.

Kegiatan ini menggunakan jargon “Bersama Pasti Bisa, Sendiri Pasti Tertatih”. Sebuah kalimat jargon yang singkat namun memiliki makna mendalam.

Kontributor || Hendra Setiawan, Marine Buddies Surabaya

Editor || Nindya Seva

Dokumentasi || Hendra Setiawan, Marine Buddies Surabaya

Saat si Putri Duyung membacakan cerita untuk anak-anak setelah aksi bersih-bersih pantai di Pantai Kerang taman Suroboyo.
Foto bersama setelah kegiatan selesai.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan