Sebagian Pesona Khatulistiwa

Gunung Bromo, salah satu pesona khatulistiwa. (foto : A. Phinandhita P.). (WARTAPALA INDONESIA/ Darsini)

Wartapalaindonesia.com, PERSPEKTIF – Mari buka kembali Altas kita pelajaran Geografi di Masa SMP hingga SMA, tentang luas Indonesia. Tentu kita semua tahu seberapa luasnya Negeri tercinta ini.

Dari Sabang hingga Merauke sudah pasti ada destinasi wisata alam yang beragam. Tidak hanya wisata alamnya, tetapi sudah pasti beragam pula wisata kulinernya.

Kota Sabang terletak di ujung paling barat Indonesia, ia merupakan bagian dari Provisi Aceh ini memiliki destinasi wisata alam yang membuat pengujung takjub akan keindahan pantai-pantainya.

Salah satu pantai yang menyajikan akan keindahan bawah lautnya dan ini cocok bagi seorang penikmat pemandangan bawah laut. Pantai ini bernama Pantai Rubiah.

Di kota ini tidak hanya wisata alamnya yang menajubkan tetapi juga wisata kulinernya juga menggoda perut. Dan salah satu kuliner yang harus dicicipin ketika di kota Sabang adalah Sate Gurita.

Makanan ini memiliki kekhasan tersendiri bagi kota Sabang, karena hanya di kota Sabang makanan ini akan dijumpai. Biasanya sate ini dinikmati dengan lontong ataupun nasi dengan bumbu yang berbeda, bisa dengan bumbu kacang atau bumbu Padang.

Mari langkahkan kaki ke daerah pulau Jawa. Di pulau Jawa banyak kota-kota terbesar di sini dan juga banyak destinasi wisata alam maupun wisata kuliner yang menggoda iman untuk di jelajahi.

Seperti, Monumen Nasional biasa disingkat Monas yang terletak di Jakarta. Di sini akan menikmati keindahan kota Jakarta dari puncak bangunan dengan ketinggian 132 Meter.

Suasana lebih indah ketika malam hari. Karena lampu-lampu kota bersinar warna-warni. Dengan menikmati salah satu khas makanan Jakarta yaitu kerak telor.

Jika ingin  berwiasata alam di sekitar Kota Jakarta. Bisa mengujungi taman safari, di sini pengujung akan disajikan ke ragaman keindahan flora dan fauna yang terdapat di Indonesia.

Tempat wisata ini bernuansa lingkungan yang berorientasi pada habitat satwa alam yang bebas. Keunikan berwisata di sini adalah melihat-lihat flora dan fauna dengan mobil pribadi. Wisata ini terletak di Cisarua, Bogor.

Setelah puas berwisata di Jakarta dan sekitarnya, pasti penasaran dengan wisata lainnya yang terletak di Yogyakarta dan sekitarnyakan. Kota ini akan menyajikan beragam wisata alam dan kuliner.

Salah satu wisata yang terkenal di  Yogyakarta adalah Mallioboro, Candi Prambanan, Candi Borobudur dan Pantai Parangtritis. Tetapi tempat wisata di kota ini tidak hanya itu saja, masih ada banyak seperti  kebun dan taman, Museum Dirgantara, keraton Yogja dan lainnya.

Di sini tidak hanya wisata alam maupun kuliner, tetapi juga ada wisata kerajinan tangan. Kota Ini memiliki kekkhasan kerajinan tangan, salah satunya adalah kerajinan batik tulis dan gerabah.

Setelah berkeliling, saatnya mecoba kekhasan kulinernya di Kota Yogyakarta yang terkenal salah satunya adalaha masakan Gudeg, pasti  nama ini tidak asing lagi di telingan dan juga kue bakpianya yang enak.

Tapi sebelum keliling di Kota Yogyakarta, jangan lupa mampir dulu ke Kota Semarang. Wisata ke Masjid Agung sembari Ibadah. Di sini nuansa bagaikan di Tanah Suci.

Di sekitar kota Yogyakatra masih banyak lagi wisata alam seperti air terjun grojokan sewu yang memiliki tingggi 81 Meter ini sering diminati bagi wisatan domestik.

Wisata ini terletak di Karanganyar, Solo. Perjalanan ke daerah ini, pengunjung akan disajikan pemandangan pegunungan yang indah, dalam perjalanan ini berasa naik gunung.

Dan bagi pengunjung yang ingin bermalam ke daerah ini juga disiapkan kamar untuk bermalam. Tapi jangan lupa memakai pakaian yang hangat, karena suasan di sini ketika malam hari sangat dingin.

Setelah puas mengelilingi Kota Yogyakarta dan sekitarnya, mari bergerak ke daerah Surabaya dan sekitarnya. Jika mendengar ibu kota Jawa Timur ini apa yang terlintas dipikiran? kota Surabaya terkenal juga akan jembatan Suramadunya.

Tentu Jawa Timur terkenal juga dengan gunung Bromonya bukan? Dan juga apel hijau khas Malang yang melegenda. Di Malang masih banyak lagi tempat wisata-wisata yang wajib dikunjungi ketika sedang berlibur di sini.

Salah satunya kampung warna-warni yang terletak kota Malang. Nah, ketika sudah puas mengelilingi wisata alamnya, maka jangan lupa menyicipi kuliner khas kota ini ya.

Seperti nasi goreng jancuk ini yang memiliki rasa khas pedas dan porsi yang banyak, bagi pengujung yang suka pedas jangan lupa menikmati nasi goreng jancuk ya. Lalu soto Lamongannya yang enak dan menggoda perut ini jangan sampai kelewatan ya.

Wah!!! Indah sekali pesona Negeri tercinta ini. itu hanya sebagian saja belum semuanya. Bagaiaman dengan ke indangan di tanah Merauke? Dan bagaimana kelezatan kuliner di sana? tentu masih banyak lagi keindahan yang tersembunyi di Neegri ini ya.

Setelah puas mengelilingi kota Surabaya dan sekitarnya, wisatawan bisa menyebrangi lautan menuju kota Bali dan sekitarnya. Di sana banyak wisata yang sangat indah, surga dunia bagi wisatawan.

Kontributor : Darsini (Mahasiswa STEI SEBI)

Editor : Jelita Sondang

Kirim Pers Release kegiatan / artikel / berita / opini / tulisan bebas beserta foto kegiatan organisasi / komunitas / perkumpulan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: