WARTAPALA INDONESIA

Semanggi Alas Gelar EARTH II

Caption foto: Tampak dermaga usai diperbaiki pada Minggu (21/4). (WARTAPALA INDONESIA/ Yulianingsih)

Wartapalaindonesia.com, PROBOLINGGO – Ekspedisi Agung Renovasi Taman Hidup ke-2 (EARTH II) merupakan sebuah kegiatan yang bertujuan untuk melestarikan (memperbaiki) icon taman hidup. Agar memudahkan para pendaki atau pengunjung untuk mengambil air.

Kegiatan ini diadakan oleh komunitas Semanggi Alas Surabaya pada 18-21 April 2019 di Danau Taman Hidup Gunung Argopuro via Bermi, Probolinggo. Yang diikuti 80 peserta, masing-masing dari Mapala, Sispala, OPA Surabaya dan masyarakat Probolinggo.

Tokoh masyarakat di Probolinggo juga ikut terlibat dalam kegiatan ini, diantaranya Kepala Desa Bermi, dan Arifin selaku penjaga pos Bermi. Tak hanya tokoh masyarakat saja, ada beberapa senior penggiat alam, yaitu Remon Tambora (penggiat alam senior Argopuro) dan Kapten Prasojo (Formalitas Jatim).

“Dengan kegiatan ini penggiat alam lainya diharapkan agar tau betapa pentingnya adanya perbaikan dermaga Taman Hidup ini, supaya para pendaki atau pengunjung bisa mengambil air dengan mudah dan mengurangi resiko bahaya. Maka dari itu kita rawat dan jaga bersama-sama,” tutur Remon Tambora.

Turut hadir sebagai tamu undangan, kali ini ada BKSDA Probolinggo, Formalitas Jatim, Genta Palasa Probolinggo, Malkavian Outdoor and Adventure Gear, Mapala, Sispala, OPA se-Surabaya dan Probolinggo. Tak sekedar melakukan perbaikan dermaga saja, tetapi juga terdapat pelaksanaan diskusi dengan beberapa pembicara antara lain, Remon Tambora, Hermawan (Penasehat Semanggi Alas), Kapten Prasojo (Penanggung Jawab Formalitas Jatim), serta Arifin selaku penjaga pos Bermi.

Kegiatan yang diketuai Dirga Robiansyah (Semanggi Alas) ini memberikan pesan agar kita bisa merawat dan menjaga keasrian Danau Taman Hidup beserta keutuhan bangunan dermaga selaku icon Gunung Argopuro. Seusai perbaikan, akan tetap dilakukan koordinasi kepada pihak yang berkaitan, agar dermaga Taman Hidup dan sekitarnya selalu terjaga.

“Terima kasih untuk para penggiat alam bebas, khususnya teman-teman dari Probolinggo dan Surabaya, yang sukses melaksanakan kegiatan EARTH II, semoga dengan kegiatan ini kita sama-sama menjaga dan melestarikan Taman Hidup beserta alam lainnya,” ujar Dirga.

Semanggi Alas beserta teman-teman penggiat alam bebas melebur untuk bergotong royong memperbaiki dermaga. Dimana kegiatan tersebut telah disupport bahkan di fasilitasi oleh masyarakat Bermi, khususnya tempat peristirahatan teman-teman yang telah disediakan oleh Kepala Desa Bermi di gedung Balai Desa.

“Kegiatan yang begitu positif apalagi mengikutsertakan warga lokal Probolinggo, kususnya warga Bermi,” tutup Imam, Genta Palasa.

Kontributor || Yulianingsih, WIJA Mojokerto

Editor || Agung Wahyu Utomo

Kirim tulisan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: