Seminar SISPALA Sebagai Media Membangun Karakter Siswa

Foto narasumber seminar Tata Kelola Ekskul Sispala Sebagai Media Membangun Karakter Siswa di Auditorium SMKN 1 Pasar Baru, Jakarta Pusat, Selasa (5/6/2018). (WARTAPALA INDONESIA/ Adjie Rimbawan)

Wartapalaindonesia.com, JAKARTA – Forum Alumni Siswa Pencinta Alam (SISPALA) menggelar seminar bertema “Tata Kelola Ekskul Sispala Sebagai Media Membangun Karakter Siswa di Auditorium SMKN 1 Pasar Baru, Jakarta Pusat, Selasa, 5 Juni 2018.

Seminar kali ini bertujuan untuk membangun kepercayaan sekolah, pemerintah dan orang tua agar Sispala dapat berkegiatan positif merupakan sebuah harapan.

Sekaligus memberikan ruang bagi SISPALA untuk bisa berkegiatan dan berlatih dengan baik, agar mereka bisa melatih diri dan selalu mampu mempersiapkan diri menghadapi resiko dalam setiap kegiatan alam bebas merupakan solusi atas permasalahan ekskul Sispala.

Dalam seminar kali ini juga menjelaskan Rumusan standarisasi kurikulum sispala, standar operasional prosedur, safety prosedur serta silabus materi kepecintaalaman telah dilakukan oleh Forum Alumni SISPALA.

Hal ini sebagai bentuk kontribusi dan dukungan terhadap Sispala yang linier dengan dunia pendidikan dan berharap kegiatan Sispala bukan merupakan momok atau batu sandungan terhadap kualitas dunia pendidikan di DKI Jakarta.

Kegiatan kepencintalaman dan kepetualangan yg sesuai dg filosofi kepencintalaman serta prosedur yg berlaku akan membawa siswa kepada pembinaan karakter diri dan bangsa, untuk itu perlu adanya ruang dialog dan diskusi sosialisasi atas niat baik Sispala dalam konteks tata kelola ekskul Sispala untuk mendukung dunia pendidikan.

Untuk itu Forum SISPALA dan Alumni SISPALA melaksanakan seminar yang merupakan sosialisasi, pemahaman dan paradigma baru tentang tata kelola ekskul khususnya Ekskul Sispala di DKI Jakarta.

Narasumber seminar yang hadir Bowo Irianto, Waka. Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Rudi Nurcahyo (Alumni Sabhawana/SMAN 3, Mapala UI), Taufiqurrahman (Anggota Komisi E DPRD Prov. DKI Jakarta), Reiza Patters (Alumni Pattupala/SMAN 47) dengan Moderator Adjie Rimbawan (Alumni TEPEPA/STMN Pembangunan).

Peserta kegiatan sebanyak 250 Orang yang terdiri dari Kepala Sekolah atau Wakil Kesiswaan atau Pembina OSIS, Ketua OSIS se-DKI Jakarta, Ketua SISPALA Se-DKI Jakarta, Alumni SISPALA, MAPALA Serta komunitas atau lembaga penggiat Alam Bebas.

Kontributor || Adjie Rimbawan

Editor || Alton Phinandhita

Dokumentasi || Forum Sispala dan Alumni Sispala DKI Jakarta

Forum Alumni SISPALAITA

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan