Sepeda Pancal Naik Daun di Kalangan Masyarakat Sidoarjo

Caption Foto: Potret pesepeda di wilayah Sidoarjo. Kamis, (2/6). (WARTAPALA INDONESIA/Alfun)

Wartapalaindonesia.com, Sidoarjo–  Berakhirnya PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di Sidoarjo tidak diperpanjang lagi, kurang lebih selama 3 bulan masyarakat mengurangi hampir semua aktifitas diluar rumah.

Saat ini seperti halnya burung yang sudah lepas dari sangkarnya, merayakan kebebasan dengan beraktifitas di luar rumah, namun tetap dibatasi dengan protokol kesehatan yang tetap harus diterapkan. 

Jalanan sudah mulai padat kembali namun kali ini kembali muncul fenomena yang tidak biasa di jalan-jalan Sidoarjo. Fenomena tersebut adalah banyaknya masyarakat yang beraktifitas menggunakan sepeda agin atau sepeda pancal.

Masyarakat dari berbagai kalangan seperti anak-anak, remaja bahkan golongan orang tua sangat banyak yang bersepeda, dari aktifitas berolahraga, komunitas pesepeda ataupun sebagai alat transportasi sederhana untuk berbagai tujuan. 

Sepeda pancal banyak ditemui di jalanan selain sebagai alat transportasi sepeda juga dijadikan ajang berolahraga wisata yang terjangkau oleh semua kalangan.

Dengan bersepeda pancal dapat menghilangkan rasa penat dan menimati keindahan kota karena selama Pandemi Covid-19 himbauan di rumah saja oleh pemerintah.

Jenis sepeda yang banyak terlihat di jalanan Sidoarjo cukup bervariasi, seperti sepeda tua, sepeda gunung, sepeda lipat, sepeda balap, BMX, sepeda keranjang atau City Bike dan berbagai jenis sepeda lainnya.

Mereka memadati jalanan tidak hanya saat pagi atau sore saj, akan tetapi juga ketika malam hari.

Ditengah masa pandemi Covid-19 ini pedagang sepeda atau aksesoris sepeda dibanjiri pembeli, karena banyaknya bermunculan para pesepeda dari yang pemula sampai yang sudah lama bersepeda.

Fenomeda aktifitas ini sangatlah baik karena mengunangi penggunan gas emisi dari kendaraan bermotor.

Di lain sisi bagi si pengguna juga menyehatkan badan dan menghilangkan penat karena berbulan-bulan mengikuti anjuran pemerintah untuk dirumah saja.

Kontributor || Alfun, WI 190031

Editor || Dewi Ayuningtyas, WI 190042

 

 

Kirim tulisan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: