Sinergi Pencinta Alam, Bersih Sungai Cisadane

Peserta bersih sungai Cisadane kompak membersihkan sampah di sekitar sungai Cisadane, Bogor, pada Selasa (30/1/2018) lalu. (WARTAPALA INDONESIA/ Zey)

Wartapalaindonesia.com, BOGOR – Bersih Sungai Cisadane diselenggarakan oleh seluruh operator berjumlah 12 operator di daerah sungai dan warga Kecamatan Caringin, serta Polsek Caringin, Bogor pada hari Selasa (23/1/2018) dan selanjutnya hari Selasa (30/1/2018).

Ketika sungai di Cisadane menjadi tempat wisata, namun di sisi lain masih terdapat sampah. Kegiatan pembersihan sungai ini bertujuan agar masyarakat lebih peduli terhadap lingkungan sekitar, khususnya Sungai Cisadane.

Pembersihan sungai kali ini, seluruh masyarakat atau warga khususnya Kota Bogor yang masih sadar akan kepedulian terhadap lingkungan sungai dan menginginkan sungai bersih dari sampah.

Masyarakat umum yang masih peduli dengan sampah di sungai, dan juga  kepedulian terhadap lingkungan sungai. Selain itu warga Kota Bandung, Jakarta, Depok, Cianjur pun turut hadir membantu bersih-bersih Sungai Cisadane ini.

Area pembersihan kali ini sejauh 12 km dan mencakup 4 Desa 2 Kecamatan yaitu Desa Muara Jaya, Caringin, Cimande, Ciherang Pondoh dan Kecamatan Cijeruk dan Kecamatan Caringin.

Dan untuk tamu yang turut hadir ± 150 orang, terdiri dari MAPALA, PRAMUKA, POLSEK Caringin, pihak Kecamatan dan Organisasi kepemudaan aktivis lingkungan.

Sedangkan untuk tindak lanjut dari kegiatan ini ialah setiap hari Selasa opsi Sungai Cisadane akan tetap dilakukan oleh operator-operator yang ada di sungai Cisadane, tetapi dalam skala event akan kami adakan setiap satu bulan sekali.

Sementara itu pihak penyelenggara diwakili oleh Muhammad Ilyas Zaenal Abidin memiliki harapan, “ternyata orang yang peduli terhadap lingkungan khususnya lingkungan daerah sungai Cisadane ini sangan luar biasa banyak.”

“Walaupun mereka secara tidak langsung ikut menikmati, tidak menikmati bagi mereka itu apa bahwa yang bermanfaat itu adalah orang-orang yang terfokus ke sungai Cisadane,” tambah ketupel yang akrab disapa Zey.

Aldi Juniarsyah salah satu peserta dari GAPADRI MAPALA STTNAS Yogyakarta mengungkapkan bahwa, “kegiatan pembersihan sungai Cisadane sepanjang 12 km ini adalah kegiatan peduli lingkungan yang harus tetap terus dilakukan, sambil melakukan sosialisasi pada masyarakat setempat, agar sadar akan pelestarian alam, dan tidak lagi membuang sampah sembarangan termasuk di sungai.”

“Yang paling berkesan bagi saya dalam pengarungan kali ini tentunya bertemu dengan kerabat-kerabat baru yang memiliki kepedulian dalam pelestarian alam khususnya sungai,” tambah Aldi.

Pesan yang ingin disampaikan oleh pihak penyelanggara kepada masyarakat umum ialah agar lebih peduli, membantu dan untuk pihak operator harus sepenuhnya meng ikuti acara ini.

Ketika sungai bersih, juga menjadikan mata pencaharian mereka lebih baik, karena sungai ini juga berfungsi sebagai tempat mata pencaharian masyarakat.

Kontributor : Zey

Editor : Idfiandini Darayani

Kirim Pers Release kegiatan / artikel / berita / opini / tulisan bebas beserta foto kegiatan organisasi / komunitas / perkumpulan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan