Sosialisasi dan Sinkronisasi Rencana Aksi PPK Das Citarum 2019-2025

Caption foto: Suasana saat kegiatan berlangsung di aula Bappeda Karawang. (WARTAPALA INDONESIA/ Nur Aidah)

Wartapalaindonesia.com, KARAWANG – Rencana Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (BPN) menghapus Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal), dinilai bakal mengurangi peran pengawasan lingkungan yang bisa memperparah kerusakan Sungai Citarum.

Staf Ahli Satgas Citarum, Harum Achmad Sjarmidi mengatakan Amdal merupakan salah satu dokumen penting dalam pengawasan lingkungan. Di dalam dokumen tersebut, perusahaan harus menjelaskan tentang produksi dan limbah perusahaan.

Lanjut Sjarmidi, perusahaan dalam Amdal juga harus menjelaskan dampak aspek lingkungan apa yang akan terjadi jika pembangunan tersebut dilakukan.

“Lalu bagaimana mengontrol dampaknya. Jadi dalam dokumen memang harus dijelaskan. Harus dijelaskan yang harus mereka buang (limbah),” kata Sjarmidi kepada Media usai menghadiri acara Sosialisasi dan Sinkronisasi Rencana Aksi PPK Das Citarum 2019-2025, di aula Bappeda Karawang, Kamis (14/11).

Sjarmidi menegaskan harus ada yang mengontrol baku mutu limbah perusahaan. Sehingga ada upaya pencegahan pencemaran terhadap Sungai Citarum.

“Intinya itu adalah pengontrolan baku mutu,” katanya.

Ia juga menegaskan hal tersebut bisa dilakukan dengan mewajibkan perusahaan untuk membeli alat pendeteksi baku mutu secara otomatik.

“Perusahaan mengeluh karena alatnya mahal Rp300 juta. Tetapi itu bisa dilakukan untuk mengawasi baku mutu,” kata dia.

Sjarmidi mengakui saat ini kandungan sungai Citarum sudah banyak mengandung logam berat. Perbaikan pun perlu dilakukan dengan pembersihan logam berat di Sungai Citarum, sebelum melakukan restoking ikan endemik.

Kontributor || Nur Aidah, WI 190040

Editor || Nindya Seva Kusmaningsih, WI 160009

Kirim tulisan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: