Tantangan Menapaki Seribu Anak Tangga Air Terjun Dolo

Caption foto: Potret keindahan Air Terjun Dolo yang tinggi menjulang. (WARTAPALA INDONESIA/ Dewi Ayuningtyas)

Wartapalaindonesia.com, KEDIRI – Menyusuri wisata alam selalu menghadirkan tantangan-tantangan yang menarik untuk ditaklukan wisatawan sebelum menikmati pesona keindahannya. Salah satu wisata alam yang menyuguhkan tantangan ekstrim yaitu Wisata Air Terjun Dolo.

Wisata alam yang terletak di lereng gunung Wilis (2.850 meter) ini memiliki ketinggian 1800 meter di atas permukaan laut, sisi Barat Kota Kediri, tepatnya di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Hutan Blimbing Kediri Jawa Timur.  Untuk sampai di lokasi Wisata Air Terjun Dolo, wisatawan menempuh jarak 25 km dari Kota Kediri selama 50 menit perjalanan.

Selama perjalanan, wisatawan disuguhkan pemandangan hijau, sejuk, dan asri hutan pinus di sepanjang lereng Gunung Wilis. Selain itu, Wisata Air Terjun Dolo memiliki keistimewaan yaitu tantangan ekstrim seribu anak tangga yang harus dilalui oleh para wisatawan sekitar 1 km.

Seribu anak tangga ini pula yang membuat air terjun Dolo dikenal selain keindahannya. Para wisatawan merasa tertantang untuk melalui seribu anak tangga tersebut. Meski demikian, banyak wisatawan memilih kembali sebelum sampai di Air Terjun Dolo karena kelelahan selama menuruni seribu anak tangga.

“Wow, luar biasa kaki saya seketika nyeri,  jangan menyerah sampai bawah,” ujar Arif, salah satu wisatawan dari Kalimantan.

Sesampainya di lokasi, rasa lelah terbayarkan oleh guyuran jernih dan segar air terjun Dolo. Air terjun ini memiliki tinggi 90 meter dengan intensitas air sedang tidak deras dan dua air terjun kecil  berundak di bawahnya memiliki tinggi 2 sampai 5 meter. Di sekitar air terjun Dolo terdapat aliran sungai dan bebatuan alami yang tidak kalah indah dengan air terjun.

Wisata Air Terjun Dolo ini masih tampak sangat alami. Akan tetapi sudah terdapat beberapa fasilitas pendukung yang dapat dinikmati wisatawan, diantaranya toilet umum, lahan parkir yang luas, mushola, jogging track di seribu anak tangga, area berkemah, serta beberapa warung yang menyajikan makanan ringan.

Kontributor || Dewi Ayuningtyas, Universitas Negeri Surabaya

Editor || Nindya Seva Kusmaningsih, WI 160009

Potret keseluruhan Wisata Air Terjun Dolo dengan dua air terjun kecil berundak.

Kirim tulisan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: