Terumbu Karang Jantung Hidup Laut

Salah satu peserta sekolah Divisi Konservasi 2016 Himapala Unesa melakukan transplantasi terumbu karang di Pantai Pasir Putih Situbondo, Kamis 04 Juni 2016. WARTAPALAINDONESIA/Musaffa Perdana R.

Wartapalaindonesia.com, SITUBONDO – Berkegiatan di ketinggian sudah pernah kami lewati. Bagi sebagain orang mungkin berpendapat bahwa berkegiatan di kedalaman air adalah hal biasa, namun bagi kami 5 anggota muda HIMAPALA UNESA yang sedang menjalani masa pendidikan lanjutan di Pasir Putih Situbondo, Kamis, 14 Juni 2016, hal ini adalah pengalaman baru  yang luar biasa.

Sekolah Divisi Konservasi 2016. Ketika kegiatan konservasi ini tak lagi di tebing, di gunung, di goa atau sungai. Kami berkenalan dengan teman baru yang merupakan jenis hewan namun sering dianggap tanaman.

Hewan yang bersimbiosis dengan Zooxanthellae, sejenis tumbuhan alga. Walaupun dikatakan hewan, terumbu karang tidak dapat berpindah tempat, namun kawan kita satu ini sangat mudah stres karena berbagai hal, mulai karena tersentuh makhluk lain hingga suhu yang tidak cocok.

Banyak upaya yang dilakukan oleh berbagai pihak untuk melestarikan kawan kita yang satu ini, salah satunya adalah dengan cara transplantasi.

Sejumlah 200 anakan Terumbu Karang menjadi target transplantasi kami tahun ini.  Media transplantasi yang kami pakai yaitu substrat permanen yang aman bagi lingkungan.

Sebanyak 20 substrat terbuat dari adonan semen, kerangka dari bambu, pasir dan kerikil yang dibentuk menjadi balok-balok berukuran panjang 40 cm, lebar 40 cm dan tebal 20 cm serta pipa yang telah tertanam sebanyak 10 pipa di masing-masing substrat telah kami buat di pantai kemudian kami pindahkan ke titik koordinat laut yang telah kami tentukan sebelumnya.

Transplantasi dan pencarian anakan terumbu karang yang telah patah namun masih hidup, semuanya dilakukan di kedalaman 6 meter tanpa mengangkat anakan ke permukaan air.

Serangkaian kegiatan yang berlangsung 4 hari ini tidak hanya membuahkan hasil berupa penanaman terumbu karang, namun mendapatkan data keanekaragaman biota laut baik itu ikan maupun invertebrataya pada dua kedalaman yaitu 3 m dan 6 m.

Reef Check ini secara garis besar bertujuan untuk mengetahui kondisi dan kualitas hidup ekosistem terumbu karang.

Tim yang diketuai oleh Robby Septiawan (pendidikan kesehatan dan rekreasi 2015) ini berhasil memperoleh dukungan dari berbagai pihak, dua orang intruktur selam yang akrab disapa Mas Klantung dan Cak Askan dengan ikhlas memberikan ilmunya.

Dukungan juga diberikan oleh sekumpulan orang di Balai Konservasi Pantai Pasir putih yang juga memiliki tujuan sama, yaitu melestarikan terumbu karang. Bahkan, PJB Paiton pun memberikan dukungan berupa dana.

Empat orang lainnya yaitu Wilda Zian Yuwafa (Pend. Bahasa Jawa 2015), Dita Ekawati (Pend. Bahasa Indonesia 2015), Musaffa Perdana R. (Pend. Bahasa Indonesia 2015), dan Siti Mualifah (Pend. Bahasa Inggris 2015).

Serta tiga anggota aktif HIMAPALA mas Angger, mas Reza dan mbak Lala yang selalu setia membimbing kami selama proses panjang mulai latihan fisik rutin, bahkan pembekalan materi dari berbagai sumber.

Salah satu sumber informasi dan ilmu yang kami dapatkan yaitu dari IMPALA UNIVERSITAS BRAWIJAYA Malang.

Tidak berhenti sampai disini, Rencana berikutnya, tim ini akan melaksanakan reef check  atau monitoring setiap tiga bulan sekali pada hasil transplantasi terumbu karang kami sebagai bentuk pertanggungjawaban atas kegiatan tranplantasi terumbu karang agar tujuan kami melestarikan terumbu karang tidak hanya omongan semata.

Penulis : Musaffa Perdana R.

Editor : Ragil Putri Irmalia

Kirim Pers Release kegiatan / artikel / berita / opini / tulisan bebas beserta foto kegiatan organisasi / komunitas / perkumpulan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081553355330 (Telp/SMS/WA)

Dok

Sekolah Divisi Konservasi 2016 Himapala Unesa 1 Sekolah Divisi Konservasi 2016 Himapala Unesa 2 Sekolah Divisi Konservasi 2016 Himapala Unesa 4 Sekolah Divisi Konservasi 2016 Himapala Unesa 5 Sekolah Divisi Konservasi 2016 Himapala Unesa 6 Sekolah Divisi Konservasi 2016 Himapala Unesa 7

 

1 Komentar on Terumbu Karang Jantung Hidup Laut

  1. jantung lautku 😁

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini:
Positive SSL