Tingkatkan Keilmuan Anggota, Mapala Eka Citra Jakarta Gelar Try Out

Caption foto: Tim Ekspedisi Karya Pemuda Mahasiswa Pecinta Alam Eka Citra Universitas Negeri Jakarta gelar Try Out (WARTAPALA INDONESIA, Akmal Abdullah)

Wartapalaindonesia.com, JAKARTA – Tim Ekspedisi Karya Pemuda (EKP) oleh Keluarga Mahasiswa Pecinta Alam Eka Citra Universitas Negeri Jakarta mengadakan try out berbasis pengembangan wisata, kegiatan berlangsung di Gunung Gede via Cibodas, Jawa Barat pada tanggal 4 hingga 5 September 2021 kemarin.

Ilham Maulana, sebagai pelatih fisik tim EKP mengatakan, tujuan dari try out ini untuk meningkatkan kemampuan fisik dan teknik anggota dalam EKP yang akan dilaksanakan pada akhir September hingga Oktober mendatang.

“Ekspedisi ini merupakan kegiatan berbasis penelitian dan pengabdian terhadap masyarakat dalam pengembangan wisata pendakian virtual. Kegiatan utama ekspedisi adalah pengambilan data jalur pendakian enam gunung.” ungkapnya Sabtu (25/09).

Data tersebut selanjutnya akan diolah menjadi bahan pelatihan virtual tour di kawasan kaki gunung. Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkna perekonomian masyarakat sekitar lokasi ditengah pandemi covid-19 saat ini.

“Layaknya menjalani ujian di Sekolah, Tim EKP juga melakukan persiapan sebelum pelaksanaan puncak kegiatan, seperti: latihan fisik rutin sejak satu bulan lalu, dan latihan ini dimaksudkan agar para anggota tidak mengalami masalah selama pendakian.” jelasnya.

Selain latihan fisik, tim juga telah berlatih tentang pengambilan dokumentasi dengan kamera 360˚ yang dimulai pengambilan pos pendaftaran hingga puncak Gunung Gede secara bergantian. Hasil dari dokumentasi selanjutnya akan diolah menjadi data.

Dirinya juga menyampaikan kendala saat pengambilan dokumentasi dengan menggunakan kamera 360˚, karena jalur pendakian sedang ramai pengunjung sehingga membuat foto yang dihasilkan kurang fokus pada jalurnya karena banyak orang yang terlihat disekitar kamera.

Diketahui kegiatan ini diikuti beberapa anggota tergabung menjadi tim yang terdiri dari Yabez Gideon, Dhimas Qodhlizaka, SahalAfham, IlhamMaulana, Abdillah, NurulIzzati, AnaMaria, MaulaHidayati, Fairuz Riza, dan Dhevita Sekar.

Kontributor || Akmal Abdullah, WI 200128

Editor || Soprian Ardianto, WI 200136

Kirim tulisan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: