TNGHS Edukasi Generasi Muda Melalui Kemah Konservasi

Caption foto: Suasana malam Kemah Konservasi di Kawasan Wisata Cikaret (Kawaci), Bantar Karet, Nanggung, Bogor, Jawa Barat. (WARTAPALA INDONESIA/ Saepudin)

Wartapalaindonesia.com, BOGOR – Dalam rangka memperingati Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) yang ditetapkan setiap tanggal 10 Agustus , Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS)  mengadakan Kemah Konservasi di Kawasan Wisata Cikaret (Kawaci), Bantar Karet, Nanggung, Bogor, Jawa Barat.

Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari,  pada 17-18 Agustus 2019.

Sekitar 140 peserta mengikuti Kemah Konservasi ini,  yang terdiri dari pelajar SMA,  mahasiswa,  serta perwakilan dari kelompok Pecinta Alam se-Jabodetabek.

Sederet kegiatan HKAN ini diawali dengan upacara pengibaran bendera Merah Putih sekaligus memperingati HUT ke-74 Republik Indonesia, talkshow, sharingjungle track, serta penampilan seni berupa musik, tari, teater yang bertema lingkungan. Serta tidak ketinggalan ada penampilan dari Flava band  dan For Fun band untuk memeriahkan kegiatan Kemah Konservasi tersebut.

Acara talkshow tersebut diisi oleh volunteer TNGHS, PSSEJ (Pusat Suaka Satwa Elang Jawa), serta forest ranger. Materi yang disampaikan berupa pengenalan fauna yang terdapat di TNGHS, terutama Elang Jawa yang merupakan salah satu fauna dilindungi dan hampir punah di kawasan TNGHS.

 Yusri Hilmi selaku staf kawasan TNGHS juga merupakan panitia Kemah Konservasi berharap dengan adanya kegiatan ini dapat mengedukasi dan menginspirasi kepada kita terkait kepedulian terhadap lingkungan.

“Mudah-mudahan acara ini menjadi inspirasi untuk teman teman dan kaula muda atau generasi saat ini untuk lebih care terhadap kawasan konservasi,  karena kalau bukan kita siapa lagi, ” tutur pria berusia 33 tahun ini saat diwawancarai.

Kontributor || Saepudin, WI 190038

Editor || Nindya Seva Kusmaningsih, WI 160009

Kirim tulisan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: