Wakil Rektor Universitas Almuslim Bireuen Aceh, Lepas Tim Alaska Rafting Expedition. (AREX)

Caption Foto : UKM PA-LH ALASKA Universitas Almuslim, Bireuen, Aceh, selenggarakan acara pelepasan ALASKA Rafting Expedition (AREX). Tim ekspedisi secara simbolis dilepas oleh Wakil Rektor III Universitas Almuslim. (WARTAPALA INDONESIA/Ikram)

WartapalaIndonesia.com, Bireuen — UKM PA-LH ALASKA Universitas Almuslim, Bireuen, Aceh, menyelenggarakan acara pelepasan ALASKA Rafting Expedition (AREX). Acara diselenggarakan di halaman Kampus Induk Universitas Almuslim. Pada Jumat pagi, 23 Juli 2020.

Turut hadir pada cara ini adalah pihak Rektorat Almuslim, Dewan Pembina UKM PA-LH ALASKA, organisasi kemahasiswaan di lingkungan kampus Universitas Almuslim, serta beberapa perwakilan Organisasi Pencinta Alam di Kabupaten Bireun.

Acara pelepasan diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur an. Dilanjutkan dengan laporan Ketua Panitia. Lalu sambutan Ketua Umum UKM PA-LH ALASKA, Dewan Senior, Pembina, serta sambutan Wakil Rektor III Universitas Almuslim, Muliari, S.Kel., M.Si.

Dalam laporannya, Ketua Panitia, Rozi Aulia (Terjo) menyampaikan ekspedisi ini awalnya akan dimulai pada tanggal 30 Juli 2022, dengan titik start di Danau Lut Tawar.

Namun, mengingat kondisi cuaca beberapa hari ini dengan intensitas hujan yang tinggi, telah meningkatkan debit air di Sungai Krueng Peusangan.

Debit air yang tinggi, telah menyebabkan arus semakin kencang. Sehingga dianggap akan menghambat proses pengambilan data pada titik-titik poin yang telah di-mapping sebelumnya.

“Oleh karena itulah, start ekspedisi ini diundur beberapa hari, sampai debit air Krueng Peusangan kembali normal,” terang Rozi Aulia.

Senada dengan Rozi Aulia, Ketua Umum UKM PA-LH ALASKA, Muhammad Zaky, dalam sambutannya menerangkan, penundaan ekspedisi ini karena dikhawatirkan akan menggangu aktivitas penggambilan data ilmiah yang disebabkan oleh debit air terlalu besar, dan arus yang semakin kencang.

“Karena kegiatan ini merupakan ekspedisi ilmiah, maka tidak hanya segi adventure yang diperhatikan. Proses pengambilan data, penting pula diperhatikan. Juga dari segi kesehatan dan keselamatan team selama ekspedisi berlangsung,” terang Muhammad Zaky

Lebih jauh, Muhammad Zaky menjelaskan, kegiatan ALASKA Rafting Expedition (AREX) dilaksanakan di Krueng Peusangan, dimulai dari hilir di Danau Lut Tawa Kabupaten Aceh Tengah, sampai ke hulu Di Kuala Ceurapee, Kabupaten Bireuen.

Hasil ekspedisi ini yang nantinya berupa data ilmiah, akan dipaparkan dalam Seminar Lingkungan.

“Rencananya, seminar akan dilaksanakan beberapa pekan usai ekspedisi ini. Sekaligus memperingati Milad UKM PA-LH ALASKA ke 17, dan HUT RI ke-77,” kata Muhamamad Zaky.

Sementara itu Pembina UKM PA-LH ALASKA, Chalil As’ari, dalam sambutannya menyampaikan, faktor yang terpenting dalam berkegiatan adalah kedisiplinan waktu.

“Agar ekspedisi berhasil sesuai rencana, kepada anggota team saya berpesan agar dapat memanajemen waktu sebaik mungkin,” pesan Chalil As’ari.

Sedangkan Wakil Rektor III Universitas Almuslim, Muliari, S.Kel., M.Si dalam sambutannya, mengatakan memberi apresiasi tinggi terhadap kegiatan ALASKA Rafting Expedition (AREX).

Muliari juga berharap, kegiatan ini dapat dilaksanakan setiap tahun.

Kepada seluruh organiasi kemahsiswaan (Ormawa) di Universitas Almuslim, Muliari juga berharap dapat melakukan kegiatan-kegiatan besar lainnya.

‘Kegiatan besar, berguna pula sebagai ajang pengembangan diri. Baik di bidang minat bakat mahasiwa, maupun di bidang penelitian dan pengabdian yang bermanfaat bagi banyak pihak” pungkas Muliari.

Pelepasan tim ekspedisi secara simbolis dipimpin oleh Wakil Rektor III Universitas Almuslim, dengan penyematan atribut rafting kepada perwakilan team. Acara ditutup dengan do’a bersama. (IK/AS)

Kontributor || Ikram, WI 200152
Editor || Ahyar Stone, WI 21021 AB

 

Kirim tulisan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: