Warga Jerukwudel Gunung Kidul Tanam Ratusan Pohon Ficus di Telaga Wotowati

WartapalaIndonesia.com, GUNUNG KIDUL – Ratusan pohon ficus aneka jenis, ditanam di Telaga Wotawati, Kelurahan Jerukwudel, Kapanewon Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul. Pada Sabtu, 9 Maret 2024.

Empat hari sebelum penanaman, dilakukan penebaran benih ikan nila sekitar 1000 ekor. Dua telaga lain, yakni Telaga Guntur dan Embung Rancak, juga akan ditanami ficus.

Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan program Nandur Tuk, Memetri Tuk, yang diinisiasi dan dimotori oleh Sekolah Ekoliterasi Hangrukti Bumi Lestari, dan Sekolah Air Hujan Banyubening.

Penanaman dilakukan bersama-sama dengan masyarakat dan karang taruna Desa Jerukwudel, yang dikoordinir oleh Gunawan.

Dengan luas sekitar 25×150 m2, dan kedalaman rata-rata 5 m, Telaga Wotawati dapat  mencukupi kebutuhan untuk 4 padukuhan — Dompol, Bendo, Karanggede A dan  Karanggede B — di Desa Jerukwudel, selama beberapa bulan, terutama di musim kemarau.

Menurut Gunawan, sebelum dilakukan pengerukan, lapisan lumpur (lendut) di dasar telaga dapat setinggi paha orang dewasa.

Lapisan lumpur itu, membuat dasar telaga menjadi kedap air, sehingga air tidak mudah hilang melalui celah-celah di dasar telaga.

Yang menarik dari masyarakat di sekitar Telaga Wotawati, adalah kekompakannya. Meskipun sebagian besar pemuda bekerja dan sehari-hari berdomisili di luar kota, tetapi setiap ada kegiatan desa atau warga — bersih desa, nikahan, warga ada yang meninggal dunia — mereka akan pulang. Solidaritas sosial masih hidup dengan baik.

Kegiatan menanam ficus di sekitar telaga, diharapkan dapat memberi banyak dampak positif bagi warga Jerukwudel, khususnya warga pedukuhan di sekitar telaga.

Dengan 5M — menanam, menjaga, merawat, melestarikan, melindungi — agar ke depan nanti, anak keturunan tidak kesulitan air dan menumbuhkan empati kesadaran kepada alam itu sendiri. (AJP)

Kontributor || AJ. Purwanto
Editor || Ahyar Stone, WI 21021 AB

Kirim tulisan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.