Wirausaha Berbasis Lingkungan? Why Not

Peserta pelatihan budidaya sayur organik melakukan foto bersama di SMA 9 Muhammadiyah Surabaya, Rabu (9/5/2018). (WARTAPALA INDONESIA/ Nurlela Fatmawati)

Wartapalaindonesia.com, SURABAYA – Kegiatan usaha berbasis lingkungan akhir-akhir ini menjadi trend. Hal ini dikarenakan adanya perubahan gaya hidup, peningkatan kesadaran dan kepedulian masyarakat untuk hidup lebih sehat, ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Salah satu usaha berbasis lingkungan yang cukup menjanjikan dan banyak dilirik saat ini adalah pertanian organik.

Dewasa ini pemanfaatan lahan pekarangan sebagai lumbung pangan rumah tangga semakin berkembang. Bahkan daerah perkotaan juga memiliki kesempatan yang sama untuk melakukan aktifitas pertanian. Diperkotaan, aktifitas pertanian biasa disebut urban farming.

picasion.com_de58394176c77addc91cf630da1cd1d2

 Program Kementerian Pertanian

Salah satu program Kementerian Pertanian untuk mengembangkan pertanian ramahlingkungan adalah dengan Kawasan RumahPangan Lestari (KRPL).

Prinsip dasar KRPL adalah:

  • Pemanfaatan pekarangan yang ramah lingkungan dan dirancang untuk ketahanan dan kemandirian pangan,
  • Diversifikasi pangan berbasis sumberdaya lokal,
  • Konservasi sumber daya genetic pangan (tanaman, ternak, ikan),
  • Menjaga kelestariannya melalui kebun bibit desa menuju peningkatan pendapatan dan kesejahteraan

Selain itu, bertani di kawasan perkotaan juga memberikan manfaat kesejukan pada tempat tinggal, menciptakan keindahan (estetika), dan berfungsi untuk menghasilkan oksigen untuk penghuninya.

Pemanfaatan pekarangan sebagai usaha tani rumah tangga dengan cara budidaya sayuran organic adalah yang paling diminati.

GDM Young Agropreneur

Menyadari banyaknya manfaat dari pertanian organik, SMA 9 Muhammadiyah Surabaya mengadakan kegiatan pelatihan budidaya sayur organik yang didukung oleh PT. Graha Alam Sempurna. Menggunakan produk 100% organik, kegiatan ini menekankan pada system pertanian berkelanjutan yang ramah lingkungan.

Bertema“GDM Young Agropreneur”, acara ini bertujuan untuk menanamkan rasa cinta kepada alam sekaligus mengajarkan kegiatan wirausaha berbasis lingkungan kepada siswa-siswi SMA.

“GDM Young Agropreneur” adalah salah satu bentuk nyata dari visi PT. Graha Alam Sempurna, yaitu ingin berkontribusi menciptakan kesejahteraan petani dan mengajak generasi muda untuk ikut berkarya bagi kemajuan pertanian Indonesia.

Rabu, 9 Mei 2018 acara “GDM Young Agropreneur” diselenggarakan di SMA 9 Muhammadiyah Surabaya, dengan diikuti oleh 32 siswa-siswi perwakilan kelompok green club. Sebelumnya, di sekolah ini sudah memiliki kelompok belajar berbasis wirausaha yang harus diikuti oleh seluruh siswanya.

Bernama “Pelajar Berdagang”, kelompok belajar ini sudah memiliki keahlian di bidang Handycraft, kuliner, Garment, dan yang terbaru akan dibentuk keahlian di bidang agro bisnis yang ramah lingkungan.

Rangkaian Kegiatan GDM Young Agropreneur

Rangkaian kegiatan dalam kesempatan ini utamanya terdiri dari tiga hal, yaitu pemaparan peluang usaha agrobisnis oleh Kakak Diah, teknik budidaya tanaman sayur organik oleh Bapak Wahyu, dan praktik cara budidaya tanaman sayur organik yang diikuti oleh seluruh peserta.

Selain gurunya, para siswa-siswi juga sangat senang dengan diadakannya kegiatan ini. Terlebih masing-masing peserta mendapatkan Pupuk Organik Cair GDM gratis dari PT. Graha Alam Sempurna.

Sambutan baik juga diungkapkan oleh Ibu Fani, selaku guru pembimbing kelompok belajar.

“Kami berharap melalui kegiatan ini, para siswa bisa jadi lebih mencintai dunia agrobisnis dan bisa mengembangkan wirausaha di bidang agrobisnis yang ramah lingkungan,” ucapnya.

Harapan kedepannya, para siswa memiliki skill untuk bercocok tanam dan bisa mengembangkan usaha di bidang agro bisnis. Mengingat SMA Muhammadiyah 9 Surabaya adalah sekolah yang berbasis entrepreneur.

Semoga melalui kegiatan ini para siswa SMA Muhammadiyah 9 Surabaya dan sekitarnya mau lebih peduli pada lingkungan dan kesehatan dengan menanam sayuran organic sendiri di rumah, atau bahkan mau mengembangkan usaha agrobisnis yang ramah lingkungan.

Kontributor || Nurlela Fatmawati

Editor || A. Phinandhita P.

Kirim Pers Release kegiatan / artikel / berita / opini / tulisan bebas beserta foto kegiatan organisasi / komunitas / perkumpulan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan