YAYORIN Gandeng Dispora Lamandau Adakan Edukasi Orangutan dan Penanaman Pohon

Caption Foto :  ORANGUTAN CARING WEEK 2021 – YAYORIN berkolaborasi dengan DISPORA Kab. Lamandau, menyelenggarakan kegiatan edukasi dan penanaman pohon. (WARTAPALA INDONESIA/Fadlik Al Iman)

WartapalaIndonesia.com, Lamandau – Dalam rangka memperingati Pekan Peduli Orangutan (Orangutan Caring Week) 2021, YAYORIN berkolaborasi dengan Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lamandau mengadakan kegiatan edukasi dengan tema meningkatkan kesadaran pemuda dalam pelestarian orangutan dan hutan hujan tropis di Kabupaten Lamandau.

Kegiatan edukasi dilaksanakan pada tanggal 19 November 2021. Dihadiri oleh 40 peserta SMA/sederajat yang tergabung ke dalam PPI (Purna Paskibra Indonesia Kab. Lamandau), SAKA Wira Kartika, dan SAKA Bakti Husda.

Materi yang diberikan adalah seputar orangutan, hutan dan kenakeragaman hayati di Kabupaten Lamandau.

Di akhir acara para peserta juga mengikuti lomba cerdas cermat terkait  orangutan dan isu-isu konservasi.

Sekretaris DISPORA Kab. Lamandau, Aprimeno mengatakan, kegiatan ini sangat baik karena bertujuan untuk memberikan edukasi kepada pemuda mengenai pentingnya konservasi orangutan, keanekaragaman hayati dan habitatnya.

“Kami dari dispora sangat mendorong kegiatan-kegiatan seperti ini dilakukan di Kabupaten Lamandau,” kata Aprimeno.

“Harapan ke depan, kegiatan bukan hanya ini saja.  Namun ada kerja sama kegiatan yang terkait isu-isu lingkungan, serta kegiatan yang dapat mendorong pemuda untuk lebih produktif dalam memanfaatkan SDA yg ada di Kabupaten Lamandau secara lestari dan bertanggungjawab,” lanjutnya.

Sementara itu, Samuel, salah satu perserta edukasi mengatakan, dengan adanya kegiatan ini saya mendapat banyak pengetahuan tentang edukasi seputar lingkungan, khususnya orangutan.

“kegiatan edukasi seperti ini agak kurang di Kabupaten Lamandau. Dengan dilakukannya kegiatan ini di Lamandau dapat membuka wawasan pelajar-pelajar di Lamandau tentang orangutan, hutan dan satwa liar lainnya,” ujar Samuel.

Di kesempatan yang sama, Gusti Wicaksono dari YAYORIN menerangkan, selain kegiatan edukasi, salah satu rangkaian kegiatan lainnya adalah kegiatan penanaman 600 bibit pohon buah lokal dan peneduh .

Penamanan dilakukan di Bumi Perkemahan Desa Bina Bhakti Kecamatan Sematu Jaya Kab. Lamandau. Pada sabtu, 20 November 2021.

Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 70 orang. Berasal dari Pokdarwis Desa Bina Bhakti, Sispalamera, PPI, Saka Wira Kartika dan Saka Bakti Husda.

“Dengan diadakannya kegiatan penanaman ini, kita berharap bisa menambah sedikit demi sedikit kawasan hutan yang telah hilang, karena habitat hutan hujan tropis  mempunyai peranan penting dalam menjaga iklim, kualitas air dan pengendalian erosi serta kelestarian keanekaragaman hayati yang ada di dalamnya,” pungkas Gusti. (AS)

Kontributor || Fadlik Al Iman, YAYORIN
Editor || Ahyar Stone, WI 21021 AB

Kirim tulisan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: