WARTAPALA INDONESIA

Pelatihan Organisasi Kepemudaan Terhadap Kepedulian Lingkungan: Upaya Mitigasi dan Adaptasi Terhadap Perubahan Iklim

Wartapalaindonesia.com, SEMARANG – Senin, 26 November 2018, Mahasiswa Walisongo Pencinta Alam (MAWAPALA) UIN Walisongo Semarang ikut serta dalam kegiatan pelatihan bertema “Membangkitkan Sikap Peduli Lingkungan (Kegotongroyongan) Bagi Organisasi Kepemudaan Provinsi Jawa Tengah 2018” yang diadakan oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (DISPORA) Provinsi Jawa Tengah.

Anggota Mawapala yang hadir ada 2 orang, M.Arkham Z.P. (Kawan Gemblong) dan Hani Pramono (Kawan Lemek). Peserta yang diundang dari  organisasi pemuda berbagai unsur, baik Mapala, Karang Taruna, PMI, Pramuka dan sebagainya.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, mulai hari Senin hingga Selasa, 26-27 November 2018.

Di hari pertama, Senin (26 November 2018) diadakan penyampaian materi, ada 6 materi yang akan disampaikan namun ada satu yang tidak tersampaikan karena dari pihak pemateri tidak bisa hadir. Yang memberikan materi dari LPPM Undip, KNPI Jawa Tengah dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Jawa Tengah.

Pada hari kedua, Selasa (27 November 2018) dilakukan pengenalan Biopori dan praktek pembuatan Biopori oleh DLHK Prov.Jawa Tengah di RW 04 Kelurahan Sidomulyo.

Sesuai dengan tema yang diusung, diharapkan para pemuda yang ikut serta dalam pelatihan bisa tergerak untuk bisa peduli dan tanggap terhadap upaya Adaptasi dan Mitigasi terhadap perubahan iklim serta bisa menularkanya pada masyarakat sekitar.

“Kita harus terus membuat inovasi teknologi dalam rangka adaptasi dan mitigasi terhadap perubahan iklim pada era industri 4.0,” kata Pak Syafrudin dari LPPM Undip,

Semoga kegiatan ini bisa memberikan dampak yang baik dan menunjang untuk pembangunan Jawa Tengah terhadap perubahan iklim lebih siap.

Kontributor || M.Arkham Z.P

Editor || Nindya Seva Kusmaningsih

Kirim tulisan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: