WARTAPALA INDONESIA

Semanggi Alas Ajak Pencinta Alam Lakukan Aksi Cabut Paku

Wartapalaindonesia.com, KONSERVASI – Minggu, 4 November 2018 mulai pukul 07.00 WIB hingga selesai, para pecinta alam dan komunitas Semanggi Alas melakukan aksi cabut paku di area Surabaya, tepatnya di Jalan Kedungdoro, Jalan Kranggan dan Jalan Arjuno.

Acara ini diikuti oleh 33 peserta dari berbagai komunitas.

Tujuan dari kegiatan ini guna mengembangkan kesadaran akan pentingnya untuk tidak memaku di pohon dan mengajak komunitas pecinta alam untuk mencapai kelestarian hubungan manusia dengan lingkungan hidup agar bisa membangun manusia seutuhnya.

“Selain bisa menghambat pertumbuhan, paku berkarat dan besi yang menempel di pohon bisa merusak dan mematikan pohon dalam jangka waktu tertentu, padahal kebutuhan pohon bagi kelestarian ekosistem sangat penting, terlebih di kawasan perkotaan, semakin banyak pohon daya tampung air serapan lebih banyak, itu penting demi menjaga lingkungan hidup,” ungkap Cerdas Arianda, Ketua Pelaksana (Divisi Lingkungan Hidup).

Kegiatan ini mengajak komunitas pecinta alam yang berdomisili di Surabaya dan sekitarnya untuk bersosialisasi dan peduli terhadap lingkungan.

Tokoh yang terlibat antara lain Cak Kapten (Serdadu OI), Mas Aryo (Ganesipala), Kolik (Woles Adventure), Mas Iskra (Gitapala), Satpol PP Surabaya, SMA 1 Kawung Surabaya, Kapas, Triokwek dan komunitas/organisasi di team UYE.

“Menurut saya bukannya pohon akan tumbuh subur, tanpa paku dan reklame liar, estetika dan kenyamanan tanaman lebih terjaga. Tindakan kegiatan cabut paku ini semata-mata menyadarkan masyarakat,” ungkap Roky Yulmeyzak selaku pembina.

Melindungi pohon yaitu dengan tidak memaku, menyiram dengan zat kimia yang dapat merusak pohon, dan membakar di dekat pohon yang dapat mengakibatkan kerapuhan pohon.

“Saya sangat salut dan antusias kepada komunitas Semanggi Alas yang mempunyai inisiatif untuk melakukan kegiatan cabut paku ini. Saya sangat mendukung dan ke depannya lagi harus lebih kompak serta perlu ditingkatkan lagi,” tutur Cak Kapten, Serdadu OI.

Tindak lanjut dalam bentuk-bentuk pelanggaran mohon ditindak tegas sesuai aturan, berupa tindak pidana ringan, mengacu Perda yang ada di Surabaya.

Pasca kegiatan ini, kami Semanggi Alas berharap komunitas/organisasi pecinta alam di Surabaya melakukan hal sama guna melanjutkan kegiatan-kegiatan positif ini.

Kontributor || Yulianingsih

Editor || Nindya Seva Kusmaningsih

Foto bersama usai kegiatan aksi cabut paku.

Kirim Pers Release kegiatan / artikel / berita / opini / tulisan bebas beserta foto kegiatan organisasi / komunitas / perkumpulan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Related Articles

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: