Tanam 1000 Bambu, HIMAKPA Selamatkan Sumber Brantas

Wartapalaindonesia.com, BATU – Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) yang jatuh pada tnggal 28 November menggugah semangat para pemerhati lingkungan untuk melakukan kegiatan penanaman pohon demi kelestarian alam.

Salah seorang anggota Himpunan Mahasiswa Teknik Pencinta Alam (HIMAKPA) menginisiasi sebuah kegiatan “Penanaman 1000 Pohon Bambu Untuk Sumber Mata Air”.

Kegiatan ini diadakan di desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, tepatnnya di sumber mata air sungai Brantas, sungai terpanjang kedua di Jawa Timur setelah Bengawan Solo.

Dari simpanan air gunung Arjuno yang menjadi sumber sungai Brantas kemudian mengalir ke Malang, Blitar, Tulungagung, Kediri, Jombang, Mojokerto. Dari Mojokerto bercabang dua menjadi Kali Mas (arah Surabaya) dan Kali Porong (arah Sidoarjo) lalu berakhir di muara selat Madura.

Betapa pentingnya sungai Brantas yang merupakan kebutuhan sumber daya air di daerah yang dialirinya maka sangat perlu diperhatikan sumber mata air sungai Brantas ini.

Jenis tanaman yang ditanam yaitu Bambu Petung, bambu jenis Petung ini dipilih karena daya tahan terhadap penyakit yang cukup kuat, daya tamping air yang dapat mencapai 2000 liter ditiap rumpunnya, dan ekonomis mulai dari rebungnya yang paling nikmat disbanding jenis bambu lain lalu batang bambunya memiliki diameter yang besar serta pelepah daunnya dapat digunakan sebagai pembungkus makanan. Oleh karena itu Bambu Petung ini memiliki harga jual yang tinggi sehingga masyarakat sekitar dapat terangkat perekonomiannya.

Eddy Trisna W. atau Mas Aput sapaan akrabnya, beliaulah yang menginisiasi kegiatan penanaman ini, menggandeng sebuah perusahaan tempat beliau bekerja PT. Panggung Electric Citrabuana yang kemudian program Corporate Social Resposibility (CSR) perusahaan tersebut sebagai bentuk dukungan perusahaan terhadap kegiatan penanaman ini.

Instansi pemerintahan tak luput dari gandengan Mas Aput. Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur dan Taman Hutan Raya (TAHURA) R. Soerjo turut berkontribusi dalam kegiatan penanaman ini, serta dibantu oleh Yayasan Bambu Indonesia yang menjadi pensuplai bibit bambu Petung yang ditanam di Sumber Brantas.

“Kegiatan yang sangat bagus, diharap kita tidak hanya menanam saja tapi juga merawat serta memantau pertumbuhan tanaman yang telah di tanam ini, lalu akan kita lakukan evaluasi 3 bulan kemudian,” ucap bapak Daryono Budi Santoso selaku Kepala UPT TAHURA R. Soerjo dalam sambutan pembukanya di kegiatan pagi hari ini (28/11).

“Langkah yang kami lakukan ini kecil, tapi dengan langkah kecil ini kita dapat menggetok tularkannya pada yang lain agar lingkungan dan alam kita tetap lestari,” terang Mas Aput, Anggota Luar Biasa HIMAKPA sekaligus perwakilan dari PT. Panggung.

“Penanaman yang kita lakukan sangat diperlukan agar tempat bermain kita tidak hilang, karena dari berpetualang kita sadar akan pentingnya kelestarian alam,” imbuh Riski Kurniawan, Anggota Aktif HIMAKPA.

Ir. H. Putut Adji Surjanto, MM., Kabid Rehabilitasi Lahan Penghutanan Sosial (RLPS) Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur mengatakan bahwa belakangan ini TAHURA R. Soerjo menjadi perhatian di Dinas Kehutan sebab penataan vegetasinya yang perlu dibenahi, dengan bersinergi bersama masyarakat serta pemerhati lingkungan diharap kita dapat menjadikan TAHURA R. Soerjo ini lebih baik lagi.

Kemudian penyerahan bibit bambu secara simbolis kepada masyarakat kelompok tani Guyub Rukun desa Sumber Brantas, lalu bersama secara serentak seluruh elemen baik dari instasi dan masyarakat melebur bersama saling berbagi tawa serta cerita sembari menanam bibit pohon bambu Petung di sekitar mata air Sumber Brantas.

Kegiatan pun berakhir pukul 12.00 WIB dimana cuaca saat itu mulai kurang bersahabat, rintik air hujan turun perlahan yang kemudian menjadi deras, lalu semua orang yang ikut kegiatan penanaman ini saling berpamitan dan berjanji akan berjumpa kembali.

“Bila engkau berpikir untuk satu tahun kedepan tanamlah sebiji benih, bila engkau berpikir untuk sepuluh tahun kedepan tanamlah sebatang pohon. Selamat Hari Menanam Pohon Indonesia 2018.”

Kontributor || Azhar Dani

Editor || Nindya Seva Kusmaningsih

Penyerahan bibit bambu Petung secara simbolis.

Kirim tulisan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: